28Juni2017

Lolitsapi

Anda disini: Beranda >> Berita
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini Info Aktual

Study Banding Dinas Pertanian dan Peternak dari Kabupaten Buleleng Singaraja

 

Grati, 15 Juni 2017. Sebanyak 34 orang yang terdiri dari kelompok tani ternak, gapoktan, kelompok wanita tani, serta petugas pendamping/ penyuluh pertanian lapang berprestasi melakukan kegiatan study banding ke Loka Penelitian Sapi Potong. Hal ini berkaitan dengan pentignya  informasi terkait manajemen pemeliharaan sapi potong yang efisien bagi kelompok tani ternak yang dibina oleh dinas pertanian kab. Buleleng.

Tamu diterima oleh Pak Jauhari Efendy, S.Pt., M.Si beliau memberikan informasi terkait Loka Penelitian Sapi Potong dan memberikan materi tentang profil Lolitsapi. Selain materi para tamu juga berkunjung ke kandang percobaan untuk mengamati secara langsung manajemen pemeliharaan sapi potong.  Para tamu berkeliling ke gudang pakan, kandang individu, kandang beranak dan kandang kelompok model litbangtan.  Bersama Pak Ir. Ainur Rasyid dan Dadang Karnadi yang menjadi narasumber selama para tamu berada di kandang percobaan. Para tamu cukup tertarik dengan manajemen kandang kelompok yang ada di Lolitsapi dan mempunyai keinginan untuk diaplikasikan dalam model pemeliharaan bersama kelompok tani di daerah. Untuk melengkapi referensi informasi manajemen sapi potong di Lolitsapi maka para tamu juga diberikan lefleat tentang teknologi yang ada di Lolitsapi.

 Beberapa foto kegiatan :

  

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 29

Kegiatan Seminar Hasil Penelitian Loka Penelitian Sapi Potong Mendukung Program UPSUS SIWAB Kementerian Pertanian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Grati, 6 Juni 2017. Selama tiga hari yaitu dari tanggal 6-8 Juni 2017, Lolitsapi mengadakan kegiatan ilmiah dalam rangka mendukung program UPSUS SIWAB Kementerian Pertanian yaitu seminar hasil penelitian sapi potong di Lolitsapi yang dikemas dalam bentuk kegiatan “Evaluasi Kegiatan Penelitian Loka Penelitian Sapi Potong Mendukung Program UPSUS Siwab”. Sebagai tim pembahas mendatangkan stakeholders terdiri atas (i) unsur perguruan tinggi negeri maupun swasta; seperti Univ. Brawijaya, Univ. Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Univ. Jenderal Soedirman, Univ. Muhammadiyah Malang, Univ. Islam Malang, Univ. Tribhuwana Tunggadewi Malang, Univ. Kanjuruhan Malang dan Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena Tuban; (ii) UPT Lingkup Kementan wilayah Malang dan sekitarnya (BPTP Jawa Timur, BBIB Singosari Malang, BBPP Batu, STPP Malang; serta (iii) dinas terkait yang membidangi fungsi peternakan (Dinas Peternakan Prov. Jawa Timur, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kab. Pasuruan, Dinas Pertanian Kota Probolinggo dan Dinas Pertanian Kab. Lumajang).

Acara dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan yang diwakili oleh Ketua Tim Monev yaitu Ir. Bambang Setiyadi, M.Sc. Beberapa kegiatan penelitian dan diseminasi yang dipresentasikan adalah (i) Pendampingan, Koordinasi, Bimbingan dan Dukungan Teknologi UPSUS Daging, ASP, ATP, dan Komoditas Utama Kementan, (ii) Pembentukan Galur Baru Sapi PO Terseleksi, (iii) Pembuatan Antibodi Protein Spesifik Sebagai Bahan Diagnostik Kebuntingan Dini pada Sapi Peranakan Ongole Betina, (iv) Pembentukan Rumpun Baru Sapi Potong Persilangan Sapi PO dan Bali, (v) Teknologi Pakan Ramah Lingkungan Menggunakan Senyawa Saponin-Tanin dan Probiotik, (vi) Penentuan Standar Pakan Calon Galur Sapi PO Terseleksi Lepas Sapih, (vii) Suplementasi Pakan Sumber Serat Rendah Dinding Sel Pengaruhnya terhadap Performans Sapi Peranakan Ongole Lepas Sapih dan Produksi Metan, (viii) Konservasi Rumpun Sapi Sragen, (ix) Pembibitan Sapi Bali dan Madura Menggunakan Model Kandang Litbangtan, (x) Pengelolaan dan Pemanfaatan Bibit Sumber Sapi Potong, dan (xi) Pendampingan Sistem Integrasi Tanaman Ternak.

         Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya masukan dan saran dari beberapa pembahas agar kegiatan penelitian dan diseminasi tahun anggaran 2016 tersebut dapat menghasilkan karya tulis ilmiah berkualitas sehingga bisa diterbitkan dalam bentuk jurnal nasional/internasional terakreditasi, Wartazoa serta publikasi ilmiah lainnya.

Beberapa foto kegiatan :

   

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 81

Sub Kategori