23Mei2017

Lolitsapi

Anda disini: Beranda >> Berita
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini Info Aktual

Pembinaan Pegawai Loka Penelitian Sapi Potong oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS.

Grati, 24 April 2017. Hari libur bukan menjadi halangan bagi pegawai di lingkup Litbang Pertanian untuk tetap bekerja. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Kepala Badan Litbang Pertanian ke Loka Penelitian Sapi Potong untuk memberikan pembinaan dan arahan kepada karyawan/wati. Hal ini perlu dilakukan agar pegawai di Lolitsapi terus meningkatkan kinerja dan inovasinya dalam mengembangkan peternakan sapi potong di Indonesia. 

Dalam arahannya Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS. menyampaikan bahwa Lolitsapi mempunyai tugas pokok dan fungsi yang strategis sebagai institusi yang berperan dalam mendukung terwujudnya program Kementan yaitu swasembada daging sapi. Lebih lanjut, Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan bahwa seluruh institusi lingkup Badan Litbang Pertanian mempunyai tugas menyiapkan inovasi teknologi untuk mendukung program Kementan. Kegiatan penelitian merupakan suatu metode/koridor dalam mencapai fungsi inovasi teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat. Kegiatan penelitian yang dilakukan tidak harus penelitian yang dimulai dari nol, tetapi bisa dilakukan dari pengembangan teknologi yang sedang update. Kerjasama dengan stakeholder dan akademisi perlu terus dilakukan untuk menambah inovasi teknologi yang dihasilkan.

  

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 43

Kunjungan dan Praktek Lapang Peserta Training of Trainers untuk Tenaga Pendamping UPSUS SIWAB di Loka Penelitian Sapi Potong

Grati, 31 Maret 2017. Upaya Khusus Semua Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) merupakan program besar Kementerian Pertanian dalam rangka meningkatkan populasi sapi di Indonesia. Seluruh Instansi terkait di bawah Kementerian Pertanian memberikan peran aktif untuk mensukseskan program ini. Selain itu tim dari akademisi seperti perguruan tinggi juga memberikan dukungan terhadap program ini yaitu menjadipengawal program UPSUS SIWAB agar berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Sebelum turun langsung ke lapang sebanyak 150 orang yang terdiri atas mahasiswa/wi dan dosen Fak. Peternakan dari empat perguruan tinggi negeri (UB Malang, Unhas Makasar, UNUD Bali dan Unila Lampung) melakukan Trainning of Trainners (TOT). Pada hari terakhir pelatihan para peserta berkunjung ke Loka Penelitian Sapi Potong untuk melaksanakan kunjungan dan praktek secara langsung. Sebelum praktek para peserta diberikan materi tentang profil Lolitsapi oleh Pak Jauhari Efendy, S.Pt., M.Si. 

Materi TOT adalah teknik pengukuran skor kondisi tubuh (SKT) pada sapi induk. Para mahasiawa/wi tsb akan dilatih sebagai tenaga pendamping Program Penguatan Pakan Induk Sapi Potong di 9 lokasi; diantaranya di Prov. Jatim, Jateng, Lampung, Sulsel dan Bali. Sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Dr. Daud Sumawesa dosen Fak. Peternakan dan Pertanian Undip Semarang, sedangkan materi yang digunakan 5 ekor sapi Bali yang mewakili SKT 1-5.

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 96

Sub Kategori