22Agustus2017

Lolitsapi

Anda disini: Beranda >> Berita
bannerslider
bannerslider3

Berita Terkini Info Aktual

Pameran Inovasi Teknologi Peternakan dalam Rangka Open House Balai Penelitian Peternakan di Ciawi Bogor

Ciawi, 8-9 Agustus 2017. Loka Penelitian Sapi Potong bersama Balai Penelitian Ternak, Loka Penelitian Kambing Potong, dan Balai Penelitian Veteriner hadir dalam acara open house dan acara Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner di Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor selama dua hari tanggal 8-9 Agustus. Beberapa teknologi yang ditampilkan seperti kit diagnosa kebuntingan dini untuk sapi potong yang mampu mendeteksi kebuntingan sampai 15 hari setelah dikawinkan, teknologi budidaya sapi potong seperti kandang kelompok model litbangtan, penyusunan ransum pakan, pemeliharaan pejantan, dan benih hijauan pakan ternak.

Acara seminar nasional dan pameran dibuka langsung oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS bersama kepala Puslitbang Peternakan Dr. Atien Priyanti. Acara pameran dihadiri oleh mahasiswa, Dinas Pemerintah setempat, swasta dan pelaku usaha peternakan. Selain Pameran dan Seminar nasional di lokasi kegiatan juga diadakan talk show dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. M. Winugroho dan Ade Zulkarnain dengan mengangkat tema “Model Pengembangan Sapi Potong dan Unggas Mendukung Diversifikasi Protein Hewani”

Beberapa foto kegiatan :

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 20

Study Banding Manajemen Sapi Potong oleh Peternak dari Desa Jerukgulung Kec. Balerejo Kab. Madiun Ke Loka Penelitian Sapi Potong

Grati, 27 Juli 2017. Sebanyak 55 orang peternak sapi potong yang terdiri dari perangkat desa dan Dinas terkait mengunjungi Loka Penelitian Sapi Potong. Tujuan dari para peternak tersebut tidak lain adalah untuk menambah ilmu dan sharing informasi tentang manajemen sapi potong dan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi pemeliharaan sapi potong. Bukan karena kebetulan Loka Penelitian Sapi Potong dipilih sebagai tempat study banding para peternak desa Jerukgulung karena komoditas yang dipelihara para tamu juga sapi potong lokal yaitu sapi PO.

Para tamu diterima oleh kepala Lolitsapi Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa secara garis besar model pemeliharaan sapi potong terbagi dalam dua jenis yaitu pembibitan dan penggemukan. Model pembibitan memiliki tujuan utama untuk perbanyakan atau menghasilkan pedet sedangkan penggemukan bertujuan untuk mendapatkan profit dalam jangka waktu yang lebih pendek. Setelah sambutan para tamu dipersilahkan untuk berkunjung ke kandang percobaan bersama kepala kandang Sugiyane Mahaputra, S.Pd. 

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang sapi potong di ruang pertemuan Bos sondaicus bersama peneliti Jauhari Efendy, S.Pt, MP dan Pritha Kartika S, S.Pt. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para tamu cukup menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah tentang cara penggemukan sapi potong yang menguntungkan yaitu dengan memanfaatkan potensi pakan yang murah disekitar peternak dan pemilihan bakalan yang tepat. Selain itu manajemen pemeliharaan sapi potong yang tepat dan efisien agar kandang tidak berbau, kawin tepat waktu dan menjaga kesehatan ternak adalah kunci untuk kesuksesan dalam memelihara sapi potong.

beberapa foto kegiatan.

   

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 42

Sub Kategori