28Juni2017

Lolitsapi

Anda disini: Beranda >> Berita >> Info Aktual
bannerslider
bannerslider3

Info Aktual

Study Banding Dinas Pertanian dan Peternak dari Kabupaten Buleleng Singaraja

 

Grati, 15 Juni 2017. Sebanyak 34 orang yang terdiri dari kelompok tani ternak, gapoktan, kelompok wanita tani, serta petugas pendamping/ penyuluh pertanian lapang berprestasi melakukan kegiatan study banding ke Loka Penelitian Sapi Potong. Hal ini berkaitan dengan pentignya  informasi terkait manajemen pemeliharaan sapi potong yang efisien bagi kelompok tani ternak yang dibina oleh dinas pertanian kab. Buleleng.

Tamu diterima oleh Pak Jauhari Efendy, S.Pt., M.Si beliau memberikan informasi terkait Loka Penelitian Sapi Potong dan memberikan materi tentang profil Lolitsapi. Selain materi para tamu juga berkunjung ke kandang percobaan untuk mengamati secara langsung manajemen pemeliharaan sapi potong.  Para tamu berkeliling ke gudang pakan, kandang individu, kandang beranak dan kandang kelompok model litbangtan.  Bersama Pak Ir. Ainur Rasyid dan Dadang Karnadi yang menjadi narasumber selama para tamu berada di kandang percobaan. Para tamu cukup tertarik dengan manajemen kandang kelompok yang ada di Lolitsapi dan mempunyai keinginan untuk diaplikasikan dalam model pemeliharaan bersama kelompok tani di daerah. Untuk melengkapi referensi informasi manajemen sapi potong di Lolitsapi maka para tamu juga diberikan lefleat tentang teknologi yang ada di Lolitsapi.

 Beberapa foto kegiatan :

  

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 29

Kegiatan Seminar Hasil Penelitian Loka Penelitian Sapi Potong Mendukung Program UPSUS SIWAB Kementerian Pertanian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Grati, 6 Juni 2017. Selama tiga hari yaitu dari tanggal 6-8 Juni 2017, Lolitsapi mengadakan kegiatan ilmiah dalam rangka mendukung program UPSUS SIWAB Kementerian Pertanian yaitu seminar hasil penelitian sapi potong di Lolitsapi yang dikemas dalam bentuk kegiatan “Evaluasi Kegiatan Penelitian Loka Penelitian Sapi Potong Mendukung Program UPSUS Siwab”. Sebagai tim pembahas mendatangkan stakeholders terdiri atas (i) unsur perguruan tinggi negeri maupun swasta; seperti Univ. Brawijaya, Univ. Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Univ. Jenderal Soedirman, Univ. Muhammadiyah Malang, Univ. Islam Malang, Univ. Tribhuwana Tunggadewi Malang, Univ. Kanjuruhan Malang dan Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena Tuban; (ii) UPT Lingkup Kementan wilayah Malang dan sekitarnya (BPTP Jawa Timur, BBIB Singosari Malang, BBPP Batu, STPP Malang; serta (iii) dinas terkait yang membidangi fungsi peternakan (Dinas Peternakan Prov. Jawa Timur, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kab. Pasuruan, Dinas Pertanian Kota Probolinggo dan Dinas Pertanian Kab. Lumajang).

Acara dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan yang diwakili oleh Ketua Tim Monev yaitu Ir. Bambang Setiyadi, M.Sc. Beberapa kegiatan penelitian dan diseminasi yang dipresentasikan adalah (i) Pendampingan, Koordinasi, Bimbingan dan Dukungan Teknologi UPSUS Daging, ASP, ATP, dan Komoditas Utama Kementan, (ii) Pembentukan Galur Baru Sapi PO Terseleksi, (iii) Pembuatan Antibodi Protein Spesifik Sebagai Bahan Diagnostik Kebuntingan Dini pada Sapi Peranakan Ongole Betina, (iv) Pembentukan Rumpun Baru Sapi Potong Persilangan Sapi PO dan Bali, (v) Teknologi Pakan Ramah Lingkungan Menggunakan Senyawa Saponin-Tanin dan Probiotik, (vi) Penentuan Standar Pakan Calon Galur Sapi PO Terseleksi Lepas Sapih, (vii) Suplementasi Pakan Sumber Serat Rendah Dinding Sel Pengaruhnya terhadap Performans Sapi Peranakan Ongole Lepas Sapih dan Produksi Metan, (viii) Konservasi Rumpun Sapi Sragen, (ix) Pembibitan Sapi Bali dan Madura Menggunakan Model Kandang Litbangtan, (x) Pengelolaan dan Pemanfaatan Bibit Sumber Sapi Potong, dan (xi) Pendampingan Sistem Integrasi Tanaman Ternak.

         Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya masukan dan saran dari beberapa pembahas agar kegiatan penelitian dan diseminasi tahun anggaran 2016 tersebut dapat menghasilkan karya tulis ilmiah berkualitas sehingga bisa diterbitkan dalam bentuk jurnal nasional/internasional terakreditasi, Wartazoa serta publikasi ilmiah lainnya.

Beberapa foto kegiatan :

   

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 81

Gelar Inovasi Teknologi Peternakan Badan Litbang Pertanian di Pameran Indolivestock 2017 Grand City Convex Surabaya Jatim

        Indonesia merupakan negara yang berpotensi tinggi dalam industri peternakan dan perikanan. Terlebih melihat potensi pasar yang masih terbuka lebar di Indonesia. Pameran Indolivestock merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh PT. Napindo selaku event organizer (EO) bekerjasama dengan Kementerian Pertanian RI. Kegiatan ini merupakan ajang temu bisnis para pengusaha industri peternakan, kalangan kesehatan hewan, peternak, pengelolaan pakan ternak, pemrosesan makanan, pemasok dan para distributor. Pameran Industri Pakan dan Forum - Indolivestock 2017 diselenggarakan dari 17-19 Mei 2017 di Grand City Convex Surabaya, Indonesia.

          Acara ini di buka oleh Bapak Drh. I Ktut Diamita, MP selaku Kepala Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI. Kegiatan ini juga diikuti instansi pemerintah, integrator, produsen, petani, dokter hewan, pakan pabrik, pengolah makanan, lembaga penelitian, mahasiswa dan pakar industri.    

          Badan Litbang Pertanian ikut serta dalam pameran tersebut dengan menampilkan beberapa inovasi teknologi bidang peternakan yang diwakili oleh Puslitbang Peternakan dan BPTP Jawa Timur. Puslitbang Peternakan menampilkan  inovasi teknologi sapi potong oleh Loka Penelitian Sapi Potong, kesehatan ternak oleh Balitvet, dan ayam KUB oleh Balitnak. 

          Beberapa inovasi teknologi yang ditampilkan seperti kit diagnosa kebuntingan, pakan sapi potong nut-MB, hiajuan pakan ternak, vaksin ternak, hormon sinkronisasi kebuntingan, dan ayam kampung unggulan. Selain itu stan Badan Litbang pada event kali ini mendapatkan penghargaan stan terunik dari pihak penyelenggara.

Beberapa foto kegiatan :

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 107

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI LOKA PENELITIAN SAPI POTONG

Grati, 1 Juni 2017. Pemerintah RI telah menetapkan Hari Lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni sehingga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Namun yang terpenting adalah pada tanggal tersebut, pemerintah juga memerintahkan kepada instansi pemerintah maupun swasta untuk melakukan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017. Sehubungan dengan hal tersebut, Lolitsapi pada tanggal 1 Juni 2017 telah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila bertempat di halaman Kantor Lolitsapi dan diikuti oleh seluruh karyawan/wati (PNS dan HPL). Dalam kesempatan tersebut disampaikan Kata Sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Pembina Upacara yaitu Bapak Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc.   

Penekanan yang disampaikan dalam Kata Sambutan Presiden RI tersebut adalah agar kita sebagai warga negara Indonesia memahami makna yang terkandung dalam sila-sila Pancasila yang merupakan ideologi kita sebagai bangsa Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Akan tetapi kondisi saat ini banyak sekali yang sudah mulai melupakan penerapan dari nilai-nilai Pancasila itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan kita dapat mengingat kembali makna dan ideologi yang terkandung dalam Pancasila sehingga mampu menolak faham-faham yang bertentangan ideologi bangsa seperti deradikalisme dan komunisme.

Beberapa foto kegiatan :

  

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 90

Pembinaan Pegawai Loka Penelitian Sapi Potong oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS.

Grati, 24 April 2017. Hari libur bukan menjadi halangan bagi pegawai di lingkup Litbang Pertanian untuk tetap bekerja. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Kepala Badan Litbang Pertanian ke Loka Penelitian Sapi Potong untuk memberikan pembinaan dan arahan kepada karyawan/wati. Hal ini perlu dilakukan agar pegawai di Lolitsapi terus meningkatkan kinerja dan inovasinya dalam mengembangkan peternakan sapi potong di Indonesia. 

Dalam arahannya Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS. menyampaikan bahwa Lolitsapi mempunyai tugas pokok dan fungsi yang strategis sebagai institusi yang berperan dalam mendukung terwujudnya program Kementan yaitu swasembada daging sapi. Lebih lanjut, Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan bahwa seluruh institusi lingkup Badan Litbang Pertanian mempunyai tugas menyiapkan inovasi teknologi untuk mendukung program Kementan. Kegiatan penelitian merupakan suatu metode/koridor dalam mencapai fungsi inovasi teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat. Kegiatan penelitian yang dilakukan tidak harus penelitian yang dimulai dari nol, tetapi bisa dilakukan dari pengembangan teknologi yang sedang update. Kerjasama dengan stakeholder dan akademisi perlu terus dilakukan untuk menambah inovasi teknologi yang dihasilkan.

  

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 139

Sub Kategori