22Agustus2017

Lolitsapi

Anda disini: Beranda >> Berita >> Info Aktual
bannerslider
bannerslider3

Info Aktual

Pameran Inovasi Teknologi Peternakan dalam Rangka Open House Balai Penelitian Peternakan di Ciawi Bogor

Ciawi, 8-9 Agustus 2017. Loka Penelitian Sapi Potong bersama Balai Penelitian Ternak, Loka Penelitian Kambing Potong, dan Balai Penelitian Veteriner hadir dalam acara open house dan acara Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner di Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor selama dua hari tanggal 8-9 Agustus. Beberapa teknologi yang ditampilkan seperti kit diagnosa kebuntingan dini untuk sapi potong yang mampu mendeteksi kebuntingan sampai 15 hari setelah dikawinkan, teknologi budidaya sapi potong seperti kandang kelompok model litbangtan, penyusunan ransum pakan, pemeliharaan pejantan, dan benih hijauan pakan ternak.

Acara seminar nasional dan pameran dibuka langsung oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS bersama kepala Puslitbang Peternakan Dr. Atien Priyanti. Acara pameran dihadiri oleh mahasiswa, Dinas Pemerintah setempat, swasta dan pelaku usaha peternakan. Selain Pameran dan Seminar nasional di lokasi kegiatan juga diadakan talk show dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. M. Winugroho dan Ade Zulkarnain dengan mengangkat tema “Model Pengembangan Sapi Potong dan Unggas Mendukung Diversifikasi Protein Hewani”

Beberapa foto kegiatan :

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 20

Study Banding Manajemen Sapi Potong oleh Peternak dari Desa Jerukgulung Kec. Balerejo Kab. Madiun Ke Loka Penelitian Sapi Potong

Grati, 27 Juli 2017. Sebanyak 55 orang peternak sapi potong yang terdiri dari perangkat desa dan Dinas terkait mengunjungi Loka Penelitian Sapi Potong. Tujuan dari para peternak tersebut tidak lain adalah untuk menambah ilmu dan sharing informasi tentang manajemen sapi potong dan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi pemeliharaan sapi potong. Bukan karena kebetulan Loka Penelitian Sapi Potong dipilih sebagai tempat study banding para peternak desa Jerukgulung karena komoditas yang dipelihara para tamu juga sapi potong lokal yaitu sapi PO.

Para tamu diterima oleh kepala Lolitsapi Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa secara garis besar model pemeliharaan sapi potong terbagi dalam dua jenis yaitu pembibitan dan penggemukan. Model pembibitan memiliki tujuan utama untuk perbanyakan atau menghasilkan pedet sedangkan penggemukan bertujuan untuk mendapatkan profit dalam jangka waktu yang lebih pendek. Setelah sambutan para tamu dipersilahkan untuk berkunjung ke kandang percobaan bersama kepala kandang Sugiyane Mahaputra, S.Pd. 

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang sapi potong di ruang pertemuan Bos sondaicus bersama peneliti Jauhari Efendy, S.Pt, MP dan Pritha Kartika S, S.Pt. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para tamu cukup menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah tentang cara penggemukan sapi potong yang menguntungkan yaitu dengan memanfaatkan potensi pakan yang murah disekitar peternak dan pemilihan bakalan yang tepat. Selain itu manajemen pemeliharaan sapi potong yang tepat dan efisien agar kandang tidak berbau, kawin tepat waktu dan menjaga kesehatan ternak adalah kunci untuk kesuksesan dalam memelihara sapi potong.

beberapa foto kegiatan.

   

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 42

Halal Bi Halal Idul Fitri 1438 H Bersama Keluarga Besar Loka Penelitian Sapi Potong

Grati, 03 Juli 2017. Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat bagi umat islam dan bulan syawal merupakan bulan saat untuk merayakan kemenangan. Di hari yang fitri seluruh keluarga besar Loka Penelitian Sapi Potong mengadakan kegiatan untuk mempererat tali silaturahim dan saling bermaafan atas segala kesalahan yang telah diperbuat terhadap sesama dalam wadah halal bi halal Loka Penelitian Sapi Potong bersama KH. Asnawi Fauzan dari Pasuruan.

Pak Andi Mulyadi selaku ketua panitia menyampaikan bahwa dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mengajak hadirin untuk melapangkan dada membuka hati untuk memohon maaf dan memberi maaf atas kesalahan di antara kita baik yang disengaja maupun tidak. Selain itu dengan kegiatan ini kita selaku abdi negara dan masyarakat dapat menjadikan spirit ramadhan untuk peningkatan kualitas kinerja dan integritas pegawai dalam mendukung kemandirian pangan nasional demikian disampaikan oleh Kepala Loka Penelitian Sapi Potong Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan tausiah agama oleh KH. Asnawi Fauzan dari Pasuruan. Beliau menyampaikan bahwa dosa ada dua jenis yaitu dosa kepada Alloh SWT yang insyaAlloh Alloh ampuni pada bulan romadhon kemarin. Dosa kedua adalah terhadap sesama manusia yang tidak bisa dihapus hanya dengan kita saling bermaafan secara langsung. Oleh karena itu kegiatan halal bi halal ini sangat penting untuk kita bersama saling bermaafan dengan sesama baik kesalahan yang disengaja maupun tidak.

Selain itu juga diadakan kegiatan pemberian tanaman lombok kepada tamu undangan. Hal ini berkaitan dengan program swasembada yang sedang digalakkan oleh Kementerian Pertanian.

Beberapa foto kegiatan.

    

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 99

Inovasi Teknologi Sapi Potong Mendukung UPSUS SIWAB di Soropadan Agro Expo Temanggung Jawa Tengah

Inovasi teknologi di bidang pertanian merupakan suatu hal penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian di Indonesia. Badan Litbang Pertanian mempunyai slogan science, innovation, networks yang merupakan penjabaran dari hasil kegiatan penelitian yang menghasilkan suatu inovasi teknologi yang dapat diaplikasikan oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Sehingga kegiatan diseminasi dan publikasi untuk mengenalkan hasil inovasi teknologi pertanian perlu dilakukan agar dapat dikenal dan diaplikasikan oleh masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan pameran di Soropadan Agro Expo yang merupakan kegiatan tahunan pemerintah provinsi Jawa Tengah untuk mengenalkan produk dan inovasi teknologi pertanian kepada masyarakat.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa petani, peternak dan nelayan agar terus belajar dan termotivasi dengan banyaknya produk unggulan dari berbagai macam instansi yang mengikuti pameran baik pemerintah maupun swasta. Mendukung program swasembada dan berkedaulatan pangan di Indonesia. Juga diharapkan dapat menjadi bagian dari promosi dan upaya untuk menciptakan peluang pengembangan pasar komoditas agro agar menjadi pilar utama pembangunan pertanian, baik tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan dan komoditas agro lainnya yang dapat mengangkat daya saing petani di pasar mancanegara.

Loka Penelitian Sapi Potong mempunyai mandat untuk memberikan inovasi teknologi dalam bidang peternakan sapi potong. Bersama BPTP Jawa Tengah Lolitsapi mengenalkan kepada pengunjung pameran beberapa teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian seperti budidaya tanaman pangan, tanaman sayuran, lingkungan pertanian, dan sapi potong. Inovasi teknologi yang ditampilkan Lolitsapi adalah suplementasi pakan Nut MB Plus, kit kebuntingan dini pada induk sapi potong, vaksin, aplikasi formulasi ransum pakan sapi potong, dan teknologi manajemen pemeliharaan sapi potong.  

 Beberapa foto kegiatan.

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 55

Study Banding Dinas Pertanian dan Peternak dari Kabupaten Buleleng Singaraja

 

Grati, 15 Juni 2017. Sebanyak 34 orang yang terdiri dari kelompok tani ternak, gapoktan, kelompok wanita tani, serta petugas pendamping/ penyuluh pertanian lapang berprestasi melakukan kegiatan study banding ke Loka Penelitian Sapi Potong. Hal ini berkaitan dengan pentignya  informasi terkait manajemen pemeliharaan sapi potong yang efisien bagi kelompok tani ternak yang dibina oleh dinas pertanian kab. Buleleng.

Tamu diterima oleh Pak Jauhari Efendy, S.Pt., M.Si beliau memberikan informasi terkait Loka Penelitian Sapi Potong dan memberikan materi tentang profil Lolitsapi. Selain materi para tamu juga berkunjung ke kandang percobaan untuk mengamati secara langsung manajemen pemeliharaan sapi potong.  Para tamu berkeliling ke gudang pakan, kandang individu, kandang beranak dan kandang kelompok model litbangtan.  Bersama Pak Ir. Ainur Rasyid dan Dadang Karnadi yang menjadi narasumber selama para tamu berada di kandang percobaan. Para tamu cukup tertarik dengan manajemen kandang kelompok yang ada di Lolitsapi dan mempunyai keinginan untuk diaplikasikan dalam model pemeliharaan bersama kelompok tani di daerah. Untuk melengkapi referensi informasi manajemen sapi potong di Lolitsapi maka para tamu juga diberikan lefleat tentang teknologi yang ada di Lolitsapi.

 Beberapa foto kegiatan :

  

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 113

Sub Kategori