12Desember2017

Lolitsapi

Anda disini: Beranda >> Berita >> Info Aktual
bannerslider
bannerslider3

Info Aktual

Sosialisasi Penggunaan Media Sosial untuk Seluruh Pegawai di Loka Penelitian Sapi Potong

Grati, 8 Desember 2017. Peran media sosial dalam menyebarkan informasi kepada pengguna internet saat ini memiliki peran yang cukup besar. Hanya dalam hitungan menit bahkan detik  informasi dari seluruh Indonesia bahkan dunia dapat kita ketahui melalui media sosial. Besarnya pengguna media sosial di Indonesia direspon sebagai sebuah peluang untuk diseminasi oleh Kementerian Pertanian.

Kegiatan positif yang berhubungan dengan pertanian, teknologi dan inovasi pertanian, serta info-info terkini dapat disebarluaskan melalui media sosial. Beberapa media sosial yang sedang tren saat ini seperti facebook, twitter, dan instagram. Sosialisasi ini perlu dilakukan agar setiap pegawai di lingkup Kementerian Pertanian mempunyai akun media sosial. Bukan hanya mempunyai akun akan tetapi juga turut aktif untuk menyebarkan info-info tentang pertanian di Indonesia. Informasi yang tampilkan dapat berupa gambar, artikel, dan video.

 Beberapa foto kegiatan.

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 14

Kelahiran Kembar Sapi Bali di Kandang Percobaan Loka Penelitian Sapi Potong

Selasa, 14 november 2017. Kelahiran sapi merupakan hal yang biasa dalam usaha pembibitan sapi potong. Selain kelahiran juga ada kejadian perkawinan, penyakit dan kematian. Tetapi fenomena langka terjadi di kandang percobaan Lolitsapi yaitu kelahiran sapi kembar dari induk sapi bali. Hal ini merupakan yang pertama kalinya terjadi di Lolitsapi. Bobot badan induk  yang belahirkan adalah 284 kg dengan usia sekitar 5 tahun, bobot badan pedet jantan 11 kg, dan pedet betina 10 kg. Sapi induk bali ini sudah beranak satu kali sebelumnya tetapi tidak kembar.

Kelahiran sapi kembar alami dipengaruhi adanya sifat genetik dari sapi induk tersebut. Selain itu juga ditunjang dengan faktor lain seperti  kecukupan nutrisi saat perkawinan dan bunting. Faktor nutrisi induk pasca melahirkan akan terus dijaga karena adanya sifat alami dari sapi bali yang mempunyai jumlah susu yang sedikit. Sehingga agar kondisi anak tetap sehat diperlukan tambahan nutrisi dari susu baik dari induknya sendiri maupun dari indu yang lain.

Beberapa foto yang didokumentasikan :

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 75

Mempersiapkan Generasi Muda yang Cinta Pertanian

Grati, 25 Oktober 2017. Semakin berkurangnya pemuda yang mencintai pertanian menjadi perhatian tersendiri bagi pendidik disekolah. Salah satu program yang dilakukan oleh TK Ar Rahmat Kota Pasuruan adalah menumbuhkan kecintaan akan pertanian melalui kegiatan belajar di luar kelas. Bentuk kegiatan ini adalah melalui kunjungan ke lokasi pertanian dan peternakan yang ada disekitar sekolah.

Loka Penelitian Sapi Potong menjadi pilihan yang tepat bagi siswa-siswi TK untuk mengenal lebih dekat dengan jenis sapi potong yang ada di Indonesia. Sebanyak 47 siswa- siswi bersama gurunya berkunjung ke kandang percobaan Lolitsapi untuk edukasi kepada siswa siswi tentang sapi potong yang ada di Indonesia. Diharapkan dengan kegiatan ini akan menumbuhkan rasa kecintaan siswa-siswi terhadap pertanian dan menjadi penerus bangsa yang cinta pertanian Indonesia. 

Beberapa foto kegiatan :

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 69

Peningkatan Kemampuan Peternak Sapi Potong Lokal dalam Upaya Pelestarian Plasma Nutfah Sapi Potong Lokal di Kab. Grobogan

Grati, 8 November 2017. Dinas Peternakan Kab. Grobogan mempunyai misi untuk menyelamatkan dan mengembangkan plasma nutfah sapi potong lokal Indonesia. Hal ini didukung dengan data bahwa populasi sapi potong di Kab. Grobogan adalah terbanyak kedua setelah Kab. Blora. Banyaknya populasi sapi potong lokal ini disebabkan adanya kesukaan yang tinggi peternak Kab. Grobogan untuk memelihara sapi potong lokal Indonesia yaitu sapi PO.

Antusiasme yang tinggi dari kelompok ternak untuk berkomitmen dalam mengembangkan sapi potong lokal ini memberikan semangat dari Dinas Peternakan setempat. Salah satunya dengan memberikan tambahan ilmu dan study banding tentang manajemen sapi potong kepada 30 orang perwakilan kelompok ternak se Kab. Grobogan. Pilihan Dinas Peternakan Kab. Grobogan sangat tepat yaitu bekerjasama dengan Loka Penelitian Sapi Potong yang mempunyai tupoksi penelitian dan pengembangan sapi potong lokal Indonesia. Para peternak diberikan ilmu tentang manajemen pemeliharaan sapi potong yang efektif dan efisien. Selain itu para peternak dan Dinas Peternakan juga bersedia untuk bekerjasama dalam hal penelitian dengan Lolitsapi di wilayah Kab. Grobogan.

 

Beberapa foto kegiatan :

  

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 87

Diseminasi Teknologi Sapi Potong Badan Litbang Pertanian di Kontes, Expo Peternakan dan Lomba Cipta Menu 2017 dalam rangka memperingati hari jadi Kab. Pasuruan ke 1088

Pasuruan, 23-24 oktober 2017. Kabupaten Pasuruan mempunyai potensi yang cukup besar dalam bidang peternakan. Hal ini disadari oleh pemerintah setempat yang ditunjukkan dengan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan komoditas peternakan. Selain itu juga mendukung program Kementerian Pertanian yaitu swasembada protein hewani.

Salah satu kegiatan yang digagas adalah Kontes, Expo Peternakan dan Lomba Cipta Menu 2017 “ yang bersamaan dengan peringatan hari jadi Kab. Pasuruan ke 1088. Kegiatan ini terdiri dari kontes sapi, kambing dan lomba memasak ibu-ibu PKK Kabupaten Pasuruan. Loka Penelitian Sapi Potong ikut serta dengan mengisi stan pameran untuk mendiseminasikan teknologi sapi potong seperti kandang kelompok model litbangtan, pakan murah, kit deteksi kebuntingan dini, aplikasi penyusunan ransum pakan, suplementasi pakan, komoditas sapi PO, Bali, dan Madura. 

Beberapa foto kegiatan :

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 61

Sub Kategori