21Februari2018

Lolitsapi

Anda disini: Beranda >> Berita >> Info Aktual
bannerslider
bannerslider3

Info Aktual

Seminar Hasil Kegiatan Penelitian di Loka Penelitian Sapi Potong TA. 2017

Inovasi dan teknologi sapi potong dihasilkan melalui kegiatan penelitian yang dilakukan dalam waktu yang tidak pendek. Penelitian membutuhkan metode dan pengujian sebelum nantinya dapat diaplikasikan di masyarakat peternak Indonesia. Hal ini bertujuan agar nantinya inovasi dan teknologi tersebut adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh peternak.

Seminar hasil kegiatan penelitian sapi potong merupakan suatu kegiatan pelaporan hasil kegiatan penelitian selama satu tahun anggaran dari peneliti di Loka Penelitian Sapi Potong. Semua peneliti melaporkan hasil kegiatan penelitiannya dan progres akhir dalam mencapai output yang telah ditargetkan. Hasil dari kegiatan ini nantinya akan dipilih sebuah teknologi dan inovasi yang sudah siap untuk di aplikasikan di peternak. Selain itu itu juga dilakukan publikasi secara tertulis untuk hasil penelitian sapi potong baik untuk skala nasional maupun internasional.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 5 dan 6 februari 2018. Selain dihadiri seluruh peneliti dan teknisi dalam seminar juga hadir beberapa mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan praktek kerja lapang.

Beberapa foto kegiatan :

   

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 20

Pembahasan Proposal Kegiatan Penelitian Sapi Potong di Loka Penelitian Sapi Potong untukTA.2018

Grati, 23 Januari 2018. Selama dua hari tim peneliti Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) bersama Tim Pembahas dari Puslitbang Peternakan melakukan kegiatan review dan penyempurnaan proposal kegiatan penelitian (ROPP/RODHP) untuk tahun anggaran 2018. Setiap penanggung jawab proposal penelitian/diseminasi mempresentasikan rencana penelitiannya selama satu tahun ke depan yang terdiri atas 13 ROPP dan 2 RODHP.

 

Review dan penyempurnaan proposal kegiatan pada awal tahun ini penting dilakukan agar kegiatan penelitian yang akan dikerjakan dapat direncanakan secara matang sehingga menghasilkan keluaran (output) sesuai yang diharapkan. Disamping itu, agar semua peneliti juga mengetahui detail kegiatan penelitian yang akan dikerjakan di Lolitsapi selama tahun anggaran 2018.

 

Beberapa foto kegiatan :

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 83

Study Banding Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Balitar di Loka Penelitian Sapi Potong

Grati, 11 Januari 2018. Program swasembada daging sapi masih menjadi program Kementerain Pertanian. Populasi sapi potong yang cukup besar menjadi potensi yang harus terus dikembangkan agar program tersebut bisa tercapai. Beberapa program dilakukan secara terus menerus untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya adalah upaya khusus sapi induk wajib bunting (UPSUS SIWAB).

Melihat kondisi peternakan di Indonesia seperti di atas maka mahasiswa fakultas peternakan Universitas Islam Balitar mempunyai keinginan untuk mengembangkan potensi diri dengan melakukan study banding ke Loka Penelitian Sapi Potong. Hal ini perlu dilakukan agar mahasiswa mempunyai pengalaman lebih dalam hal manajemen pemeliharaan sapi potong sebelum nantinya terjun ke masyarakat sebagai pelaku dalam bidang peternakan sapi potong.

Bukan hanya study banding yang menjadi tujuan utama kunjungan ke Lolitsapi. Akan tetapi ada tindak lanjut dari kegiatan tersebut, yaitu perjanjian kerjasama kegiatan penelitian dan magang mahasiswa untuk ke depannya.

 

Beberapa foto kegiatan :

  

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 60

Aplikasi Transfer Embrio Sapi Belgian Blue (BB) ke Induk Sapi Potong Peranakan Ongole (PO) di Loka Penelitian Sapi Potong

Grati, 11 Januari 2018. Sapi potong mempunyai beragam jenis yang tersebar di seluruh dunia. Setiap jenis mempunyai keunggulan dan kekurangan menyesuaikan lokasi habitat asal sapi tersebut. Di Indonesia sendiri mempunyai beberapa jenis sapi potong yang tersebar mulai dari sabang sampai merauke. Populasi terbesar yang ada di Indonesia adalah jenis sapi PO, Bali, dan Madura.

Loka Penelitian Sapi Potong bekerja sama dengan Balai Embrio Ternak Cipelang dan BBIB Singosari untuk penelitian pengembangkan sapi potong impor jenis Belgian Blue (BB) melalui teknologi transfer embrio dan inseminasi buatan. Langkah awal yang dilakukan adalah proses seleksi sapi resipien kemudian dilanjutkan dengan transfer embrio dimana embrio sapi belgian blue dikembangkan di dalam rahim induk sapi PO terpilih. Selain itu juga akan dilakukan pengembangan sapi BB melalui inseminasi buatan terhadap induk-induk sapi PO yang terpilih. Kriteria pemilihan Induk Sapi PO adalah mempunyai performan reproduksi yang lebih baik dari induk sapi PO lainnya dan sapi PO dianggap yang paling sesuai sebagai resipien embrio sapi BB dibandingkan dengan induk sapi Bali ataupun induk sapi Madura.

Beberapa foto kegiatan .

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 116

Sosialisasi Penggunaan Media Sosial untuk Seluruh Pegawai di Loka Penelitian Sapi Potong

Grati, 8 Desember 2017. Peran media sosial dalam menyebarkan informasi kepada pengguna internet saat ini memiliki peran yang cukup besar. Hanya dalam hitungan menit bahkan detik  informasi dari seluruh Indonesia bahkan dunia dapat kita ketahui melalui media sosial. Besarnya pengguna media sosial di Indonesia direspon sebagai sebuah peluang untuk diseminasi oleh Kementerian Pertanian.

Kegiatan positif yang berhubungan dengan pertanian, teknologi dan inovasi pertanian, serta info-info terkini dapat disebarluaskan melalui media sosial. Beberapa media sosial yang sedang tren saat ini seperti facebook, twitter, dan instagram. Sosialisasi ini perlu dilakukan agar setiap pegawai di lingkup Kementerian Pertanian mempunyai akun media sosial. Bukan hanya mempunyai akun akan tetapi juga turut aktif untuk menyebarkan info-info tentang pertanian di Indonesia. Informasi yang tampilkan dapat berupa gambar, artikel, dan video.

 Beberapa foto kegiatan.

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 107

Sub Kategori