Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Surabaya - Senin – Selasa, 9 – 10 Maret 2020 Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) mengikuti rapat koordinasi Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) wilayah Jawa Timur. Rakor dihadiri Kepala Dinas Peternakan Kab/Kota se-Jawa Timur, Koordinator Ishiknas, Insemintor, petugas ATR/PKB se-Jawa Timur, Pokja Tim Supervisi Daerah dan Pusat serta Sekretaris Pokja Ditjen PKH dan Direktur Keswan PKH serta Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur dengan total peserta 250 orang. Hadir dari Lolitsapi Drs. Lukman Affandhy S.

Rakor dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dilanjutkan laporan ketua panitia Dr. drh. Iswahyudi, MP., sambutan Direktur Kesehatan Hewan Ditjen PKH drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, Ph.D., dan Pj. Sikomandan Jawa Timur (Pusvetma).

Iswahyudi melaporkan bahwa total realisasi IB di Jawa Timur tahun 2019 adalah 1.717.437 akseptor atau 132% dari target akseptor 1,3 juta. Total realisasi kelahiran ternak sapi tahun 2019 1.027.242 ekor atau 141% dari target kelahiran 728.000 ekor. Target SIKOMANDAN Provinsi Jawa Timur tahun 2020 yaitu pelayanan IB 2.427.100 ekor, pelayanan PKB 1.586.880 ekor dan pelaporan kelahiran 1.190.160 ekor.

Terkait gangguan reproduksi yang menjadi salah satu permasalahan pelaksanaan IB, perlu implementasi SOP IB. Perlu diperhatikan, bersihkan straw setelah thawing. Thawing pada suhu 37-38°C selama 30 detik. Thawing dengan air bersih, IB pada sapi birahi. Bersihkan kotoran di vulva, alat IB dibersihkan. Jangan menggigit alat IB. Pastikan waktu IB tepat, deposisi semen tepat dan jangan melukai alat reproduksi.

Kontributor/Editor : Lukman Affandhy/Frediansyah Firdaus

Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) mengikuti konsolitasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program dan Kegiatan lingkup Balitbangtan melalui aplikasi SMART di Hotel Aveon Yogyakarta pada hari Senin, 16 Maret 2020. Hadir petugas Pelayanan Teknis Lolitsapi Dr. Peni Wahyu P dan pelaksana Rukmini.

Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu (SMART) bertujuan memudahkan Kementerian Pertanian (Kementan) memonitor capaian kinerja beserta kendala atas pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) tahun anggaran berjalan, meningkatkan early warning dalam upaya meningkatkan capaian kinerja anggara belanja yang sedang dilaksanakan, feedback peningkatan kualitas perencanaan tahun anggaran berikutnya dan bahan pertimbangan penerapan sistem dan sanksi dalam penetapan pagu anggaran Kementan.

Aplikasi SMART memperhatikan tiga aspek penting dalam pelaksanaannya, diantaranya : 1) Aspek Implementasi, yaitu mengevaluasi pelaksanaan program berupa indikator penyerapan, capaian keluaran, konsistensi dan tingkat efisiensi; 2) Aspek Manfaat, dengan cara mengevaluasi hasil pelaksanaan program dengan indikator pencapaian hasil; 3) Aspek Konteks, yakni mengevaluasi relevansi program dengan permasalahan sesuai dengan dinamika sosial ekonomi.

Kontributor/Editor : Rukmini/Frediansyah Firdaus

Peningkatan pengembangan Sumber daya genetic sapi lokal telah dilakukan dalam kurun waktu 10 terakhir ini sebagai upaya menunjang percepatan peningkatan populasi ternak yang pada akhirnya akan mememnuhi target swasembada daging dan rintisan ekspor.

Perkembangan populasi ternak tidak terlepas dari aspek perbibitan. Benih dan bibit merupakan salah satu sarana porduksi yang memiliki peran penting dan strategis dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas ternak. Peningkatan prduksi dan produktivitas ternak dapat tercapai apablia peternak mampu melaksanakan Good  Breeding PractiseBerdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur2020 no 914/286/203.2/2019 Program Optimalisasi Perbibitan, Pakan dan Produksi Peternakan pada pengendalian dan pengawasan perbibitan ternak, maka dilaksanakan workshop Good Breeding Practice (GBP) ternak di Hotel Aston Inn-Batu pada Kamis – Jumat, tanggal 12 – 13 Maret 2020. Hadir Kepala Loka Penelitian Sapi Potong Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc. sekaligus menjadi narasumber. 

Workhsop bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam penerapan GBP sapi potong, sapi perah, kambing dan domba di masyarakat utamanya kelompok penerima bantuan ternak tahun 2019 dan calon penerima bantuan ternak tahun 2020. Audiens sebanyak 50 orang yang terdiri dari Peternak Calon Penerima Hibah Sapi, Kambing, dan Itik, serta beberapa petugas Inseminator/petugas teknis peternakan kecamatan beberapa kabupaten di Jawa Timur.

Agenda hari-1 adalah penyampaian (1) sinergitas antar pemangku kepentingan (stakeholder) dalam meewujudkan pembangunan sub sector peternakan melalui pengembangan perbibitan di Jawa Timur, (2) Good Breeding Practise dan Uji Performans Sapi Potong, (3) Penandatanganan NPHD dan Perjanjian Kelompok Calon Penerima Hibah ternak tahun 2020. Sedangkan agenda hari ke-2 adalah (1) GBP Sapi Perah dan manajemen pakan ternak, dan (2) kunjungan Lapang ke kelompok ternak Sri Gading di Kec. Dau Kab. Malang.

 Sehubungan dengan GBP sapi potong dan Uji Performans, disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pedoman Pengelolaan Perbibitan untuk ternak sapi potong yang baik (GBP) telah diatur dalam Permentan 54/2006; sedangkan Uji Performans merujuk pada peraturan Dirjen Peternakan No.73/PD.410/F/06/2007 tentang Petunjuk Teknis Uji Performans Sapi Potong Nasional.
  2. Ruang Lingkup GBP antara lain: Sarana dan Prasarana, Proses Produksi Bibit, Pelestarian Lingkungan, dan Monitoring/Evaluasi Pelaporan.
  3. Uji Performans merupakan metode pengujian untuk memilih bibit ternak berdasarkan sifat kualitatif dan kuantitatif meliputi pengukuran, penimbangan, dan penilaian. Tahapan uji performan meliputi: persiapan, pengukuran dan pencatatan ternak, pengujian (dilakukan pada sapi lulus seleksi) , dan memilih/Seleksi (Calon Induk dan Calon Pejantan).
  4. Terkait GBP, sarpras meliputi : Lokasi lahan, sumber air, bangunan dan peralatan, Bibit, Pakan, Obat, dan SDM; sedangkan proses produksi bibit meliputi : pemeliharaan, produksi, seleksi bibit, perkawinan, replacement stock, Culling, recording, Persilangan, Sertifikasi, dan Kesehatan Hewan.

Kontributor : Dicky Pamungkas

Selasa – Kamis, 3 – 5 Maret 2020 telah diselenggarakan workshop Pendaftaran Varietas Tanaman Pakan Ternak di Hotel Sahira Bogor. Workshop diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) berkolaborasi dengan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BB2TP) untuk membangun kepedulian pentingnya pemanfaatan sumber daya genetic tanaman pakan ternak (SDG TPT) dan untuk menginventarisi kembali keberadaan SDG TPT terutama di lembaga lingkup Balitbang Pertanian.

Hal ini akan memberikan gambaran utuh sebagai bahan material genetic perakitan varietas dan untuk melindungi SDG TPT yang dimiliki serta sebagai upaya mendorong pelepasan TPT agar dapat dimanfaatkan secara luas oleh peternakan di Indonesia. Beberapa hal yang menjadi topik diskusi antara lain mengenai perlindungan varietas TPT, eksplorasi dan identifikasi TPT, dan status pendaftaran varietas TPT lingkup Balitbang Pertanian.

Kontributor : Peni Wahyu Prihandini

Senin – Kamis, tanggal 2 – 5 Maret 2020 Loka Penelitian Sapi Potong melaksanakan monitoring dan evaluasi kerjasama pengembangan bibit sapi potong di kelompok tani ternak di Kota Semarang, Kab. Jepara dan Kab. Rembang Jawa Tengah.

Program dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya pelestarian sapi potong lokal khususnya sapi peranakan ongole (PO). Kerjasama pengembangan bibit sapi potong memuat berbagai klausul terkait hak dan kewajiban dari masing-masing pihak.

Monev dilaksanakan untuk melakukan pengamatan perkembangan sapi-sapi PO yang telah dikerjasamakan serta rencana pembentukan penangkaran bibit sapi PO di berbagai wilayah di Indonesia. Dilaksanakan pula diskusi untuk menangkap umpan balik berbagai aspek terkait kerjasama pengembangan bibit sapi potong.

Tim yang bertugas adalah Jauhari Efendy, S.Pt., M.Si., Dr. Aryogi, MP., drh. Dicky M Dikman, M.Phill, dan Dadang Karnadi.

Kontributor : Jauhari Efendy

Editor : Frediansyah Firdaus

 

ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday334
YesterdayYesterday308
This_WeekThis_Week642
This_MonthThis_Month10960
All_DaysAll_Days227505

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :