Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Menindaklanjuti Keputusan Menteri Pertanian RI No: 84/Kpts/OT.050/M/01/2020 tentang Tim Supervisi dan Pendampingan Pelaksanaan Program dan Kegiatan Utama Kementerian Pertanian tgl 30 Januari 2020; Ditjen PKH selaku penanggung jawab/Supervisi Pendampingan Jawa Timur, menyelenggarakan rakor tingkat provinsi dimana Puslitbang Peternakan mendapat tugas sebagai penanggung jawab di 4 (empat) Kabupaten di Jatim, yakni: Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Rakor dihadiri oleh kurang lebih 100 orang dari Dinas yang membidangi Pertanian/Peternakan atau Ketahanan Pangan. Terkait dengan program dan kegiatan Utama Kementan telah disampaikan materi kegiatan, yang intinya adalah implementasi dan sinergisme kegiatan: Kostratani, Agriculture War Room (AWR), Gedor Horti, ProPakTani, SiKomandan, Gratieks, Family Farming, Pertanian Masuk Sekolah, Pemberdayaan Petani Milenial, Penyiapan Pelayanan Infrastruktur, dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Narasumber (1) Ditjen PKH, (2) Biro Perencanaan, (3) BPPSDMP, (4) Ditjen Tanaman Pangan, (5) Ditjen Hortikultura, (6) Ditjen Perkebunan, dan (7) Badan Ketahanan Pangan.

Target dari sinsergisme masing-masing program antara lain: (1) setiap kabupaten  mengalami peningkatan produksi tanaman horti/pangan/perkebunan/peternakan minimal 7% (kecuali padi 12%), (2) peningkatan 3 kali ekspor untuk komoditas tertentu, (3) KUR terealisasikan untuk semua komoditas dan sarprasnya.

Telah dilakukan koordinasi melalui pertemuan kecil yang dihadiri wakil dari masing-masing Dinas Kabupaten  yang membidangi Pertanian dan Peternakan (Drh. Zulfa/Sumenep, Ir. Bambang/Kadis Pamekasan, Drh. Agustin/Sampang, dan Drh. Havid/Kadispet Bangkalan, dan Ir. Edy Suharto/Bangkalan). Hadir Kepala Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc (FF).

Temu Teknis Pengelolaan Perpustakaan Kementan 2020
Temu Teknis Pengelolaan Perpustakaan Kementan 2020
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) telah menyelenggarakan Temu Teknis Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian Berbasis Inklusi Sosial. Kegiatan berlangsung pada Rabu – Sabtu, 12 – 15 Februari 2020 di Kantor PUSTAKA, Jl. Ir H. Juanda No. 20, Bogor dan Hotel Arya Duta Jl. Prajurit KKO Usman dan Harus No. 44-48, Gambir Jakarta Pusat. Lolitsapi diwakili oleh tim Jasa Penelitian Frediansyah Firdaus, S.Pt.

Acara diikuti oleh 116 UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian dan dikemas dalam bentuk paparan materi, diskusi, kunjungan perpustakaan dan presentasi. Temu Teknis dibuka oleh Kepala PUSTAKA Retno Sri Hartati Mulyandari.

Materi yang diberikan dalam temu teknis adalah sebagai berikut : 1) Peningkatan soft skil pustakawan dan pengelola perpustakaan (Rudi Hernanda, Perpusnas RI); 2) Akselerasi transformasi perpustakaan pertanian berbasis inklusi sosial (Muh Syarif Bando, Kepala Perpusnas RI); 3) Pengembangan sumberdaya perpustakaan berbasis inklusi sosial (Kapus Pengembangan Perpustakaan dan pengkajian minat baca; 4) Pengembangan kepustakawanan berbasis SKKNI (Kapus Pengembangan Pustakawan); 5) Arah Pengembangan Perpustakaan Pertanian Berbasis Inklusi Sosial (Kepala PUSTAKA); 6) Pengembangan Perpustakaan Khusus Berbasis Inklusi Sosial (Kabid Pengembangan Perpus Umum dan Khusus); 7) Standar Pengelolaan Perpustakaan Khusus Berbasis Inklusis Sosial (Kabid Pengembangan Perpus Sekolah dan Perguruan Tinggi); 8) Best Practice Perpustakaan Khusus Berbasis Inklusis Sosial (Kabid Perpustakaan); 9) Penyusunan Rancangan Kerja Pengembangan Perpustakaan Pertanian Berbasis Inklusi Sosial di UK/UPT/Wilayah (Heryati Suryatini); 10) Pengantar INLISLite.

Tur dilaksanakan untuk menambah wawasan peserta mengenai pengelolaan perpustakaan dengan mengunjungi Museum Tanah dan Pertanian, Perpustakaan dan Pengetahuan Pertanian Digital, Perpustakaan Kemendikbud dan Perpustakaan Nasional RI. Temu teknis ditutup dengan Presentasi rancangan kerja pengembangan perpustakaan pertanian berbasis inklusi sosial dan bimbingan teknis instalasi INLISLite serta praktik migrasi data dari WINISIS ke INLISLite. Peserta dibagi menjadi wilayah Sumatera, Jawa 1, Jawa 2, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Maluku, Bali dan Nusa.

Tim TP2U Puslitbangnak melaksanakan konsinyasi penilaian angka kredit tahunan (AKT) pada tanggal 27-29 Januari 2020 di Wisma Balithi, Cipanas dilanjutkan tanggal 30-31 Januari 2020 di Puslitbangnak, Bogor. Konsinyasi dihadiri seluruh anggota TP2U Puslitbangnak, Ka.TU, staf kepegawaian dan staf keuangan Puslitbangnak. Tim TP2U dari Lolitsapi yang bertugas yaitu Dr. Aryogi.

Konsinyasi merupakan checking butir-butri pengajuan usulan SKP dan Non SKP seluruh peneliti lingkup Puslitbangnak (BBLitvet, Balitnak, Puslitbangnak, Lolitsapi dan Lolitkambing). Checking meliputi kesesuaian usulan angka kredit dengan Perka LIPI No. 20 tahun 2020 dan kebenaran dokumen yang dilampirkan.

Hasil checking berupa nilai angka kredit diserahkan kepada tim TP2U Puslitbangnak untuk dikompilasi dan dikirimkan ke MAPI dan TP2U Pusat kemudian nilainya akan dilegalkan oleh LIPI.

Loka Penelitian Sapi Potong diwakili Kepala Dr. Dicky Pamungkas dan Petugas Pelayanan Teknis (Yantek) Dr. Peni Wahyu P menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) 2020 di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta pada Selasa, 28 Januari 2020. Rakor dihadiri oleh 65 UPT lingkup Balitbangtan, staf ahli Mentan bidang bioindustri, Kepala Balitbangtan lintas era, dan professor riset.

Pembahasan difokuskan pada rancangan program kerja Balitbangtan dalam mendukung upaya percepatan kegiatan strategis Kementan 2020. Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry dalam sambutannya menekankan bahwa hasil teknologi Litbang harus dapat dirasakan manfaatkan oleh masyarakat luas. Program/kegiatan Balitbangtan mendukung capaian kinerja strategis Kementan yaitu Agriculture War Room, Kawasan Pertanian Maju Mandiri dan Modern.

Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo berharap Litbang Pertanian dapat memperkuat riset serta menyebarluaskan hasilnya serta membangun harmonisasi sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh petani dan masyarakat luas.

Grati, Selama dua hari tanggal 5-6 Februari 2020 sebanyak 13 orang calon peternak dari PT. Era Kreasi Agro (ERKA) Jombang melakukan pelatihan manajemen pemeliharaan sapi potong. Para peserta diterima langsung oleh kepala Loka Penelitian Sapi Potong (lolitsapi) Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa bisnis sapi potong sangat menjanjikan jika dikelola dengan manajemen yang baik.

Hadir juga direktur PT. Era Kreasi Agro Rulita Wijayaningdyah, Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa peserta pelatihan adalah calon karyawan yang akan memelihara sapi potong. Komoditas sapi potong dipilih karena sesuai dengan potensi wilayah yang akan ditempati oleh perusahaan tersebut. Kami mohon berkenan tim dari lolitsapi untuk memberikan bimbingan dan dukungan dalam membina karyawan Kami, demikian disampaikan oleh direktur PT. ERKA.

Beberapa materi yang diberikan oleh tim peneliti lolitsapi adalah tentang perbibitan, manajemen kendang, kesehatan hewan, pengolahan kompos, dan nutrisi pakan ternak. Praktek langsung melalui kunjungan ke kendang percobaan lolitsapi dan kunjungan ke pabrik pakan

ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday58
YesterdayYesterday423
This_WeekThis_Week1615
This_MonthThis_Month7559
All_DaysAll_Days215058

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :