Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Monitoring & evaluasi kerjasama penyebaran bibit dan pejantan sapi PO di Kab Tuban dan Rembang

Loka Penelitian Sapi Potong  merupakan institusi Pemerintah yang mempunyai tupoksi untuk  menghasilkan bibit dan  inovasi teknologi sapi potong. Bibit dan pejantan sapi PO hasil penelitian sebagian telah disebarkan pada stakeholder melalui kegiatan kerjasama diseminasi dan pengembangan sapi potong.

Sapi PO sebagai salah satu plasma nutfah sapi potong lokal yang harus dipertahankan dan dikembangkan keunggulannya karena telah beradaptasi dengan baik pada kondisi pemeliharaan petani terutama di wilayah lahan kering.  Sapi PO tersebar luas di beberapa wilayah sentra sapi potong dengan populasi terbesar di pulau Jawa terutama di Jawa Timur. Perkembangan sapi PO saat ini sebagian besar masih terpusat di sepanjang pantai utara Jawa Timur sampai Jawa Tengah mulai kabupaten Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Rembang dan Kabupaten Pati. Kabupaten Rembang Jawa Tengah merupakan salah satu Kabupaten  yang telah dijadikan sebagai wilayah sumber bibit sapi PO di Provinsi Jawa Tengah, selain kabupaten Kebumen dan Kabupaten Blora.

Untuk  mendukung pengembangan sapi PO di Jawa Timur dan Jawa Tengah, Loka Penelitian Sapi Potong telah melakukan kerjasama pengembangan  sapi PO menggunakan kandang kelompok model “Litbang Pertanian” dan introduksi pejantan unggul.

Di Kabupaten Rembang Jawa Tengah,  Loka Penelitian Sapi Potong bekerjasama dengan  3 (tiga) Kelompok tani di Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Jawa Tengah  yaitu Kelompok tani  “Sidomakmur” Desa Kendalagung Kecamatan Kragan, Kelompok peternak “ Unggul” Desa Ngasinan Kacamata Kragan, dan Kelompok tani ternak “Sri Rejeki” Desa Sendang Waru Kec. Kragan. Bentuk kerjasamanya adalah pemanfaatan sapi PO sebanyak 33 ekor (30 ekor calon induk dan 3 ekor pejantan).

 Sedangkan di Kabupaten Tuban Jawa Timur, Loka Penelitian Sapi Potong melakukan  kerjasama pengembangan sapi potong (PO) dengan Politeknik Pertanian dan Peternakan (Poltana-Mapena), dan introduksi pejantan dengan kelompok peternak di Kec. Bancar dan Palang.

Bentuk kerjasama ini bukan hanya menyebarkan sapi saja akantetapi juga dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala. Hal ini perlu dilakukan karena selain menyebarkan produk berupa bibit sapi potong juga dilakukan introduksi dan aplikasi teknologi sapi potong yang telah dihasilkan kepada stakeholder. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat diperoleh data tentang aplikasi inovasi manajemen pemeliharaan sapi potong secara nyata di masyarakat. Sehingga nantinya setiap kendala yang dihadapi dapat segera ditemukan solusinya secara tepat. 


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday221
YesterdayYesterday368
This_WeekThis_Week1186
This_MonthThis_Month4018
All_DaysAll_Days56521

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :