Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Pemeriksaan Kebuntingan Induk Sapi PO Kerjasama dengan Fak. Peternakan Universitas Islam Malang (Unisma)

Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) disamping melakukan kegiatan kerjasama dengan kelompok tani-ternak (KTT) juga dengan akademisi; salah satunya dengan Fak. Peternakan Universitas Islam Malang (Unisma). Kerjasama Lolitsapi dengan Fak. Peternakan Unisma dimulai pada tahun 2015 melalui penandatangana MoU untuk kegiatan penelitian dan pengembangan mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yang kemudian diperluas dengan kerjasama pengembangan bibit sapi potong pada tahun 2016. Kerjasama ini diwujudkan dengan penyerahan 10 ekor sapi PO (terdiri atas 1 ekor pejantan dan 9 ekor betina) yang selanjutnya dikelola oleh Fakultas Peternakan Unisma. Manajemenn pemeliharaan yang dikembangkan merupakan replikasi pola pemeliharaan yang diterapkan di Lolitsapi yaitu pembibitan sapi potong menggunakan kandang kelompok “Model Litbangtan”.

Dalam rangka menjaga kontinyuitas atau keberlanjutan kerjasama pengembangan bibit sapi PO tersebut, maka Lolitsapi berkewajiban melakukan monitoring atau pemantauan terhadap sapi-sapi yang dikerjasamakan tersebut. Hasil monitoring menunjukkan bahwa sapi PO aset Lolitsapi dipelihara di kandang kelompok “Model Litbangtan” yang dilengkapi dengan bank pakan berisi jerami padi sesuai potensi wilayah setempat. Dinamika populasi sapi PO telah terdapat kelahiran sebanyak dua ekor pedet jantan dan betina masing-masing berumur 3,5 bulan dan 4 bulan. Hasil pemeriksaan kebuntingan secara palpasi rektal menunjukkan bahwa dari terdapat 5 ekor yang bunting dan 3 ekor negatif (2 ekor diantaranya sedang laktasi).

Diharapkan dengan kegiatan kerjasama ini dapat meningkatkan kinerja proses belajar mengajar terutama aktivitas praktikum ternak ruminansia besar bagi mahasiswa dan/atau dosen Fak. Peternakan Unisma. Disamping itu adanya kerjasama penelitian ini dapat dijadikan sebagai media diseminasi Badan Litbang Pertanian bagi para akademisi terkait dengan keunggulan sistem pembibitan menggunakan kandang kelompok “Model Litbangtan”. 


ZONA INTEGRITAS

UGP
WBK
Play Pause

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday175
YesterdayYesterday131
This_WeekThis_Week436
This_MonthThis_Month5035
All_DaysAll_Days7063

 


(by AWStats )

5173
View Pages
35302
Hits

Kunjungi media sosial kami :