Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Peneliti Lolitsapi Gelar Bimtek “SIDIK” di Kebumen

Kebumen – Dr. Hartati, S.Pt, M.Sc selaku peneliti pemuliaan Lolitsapi menggelar Bimtek aplikasi recording sapi berbasis android “SIDIK” pada peternak, recorder sapi, petugas Pengawas Bibit Ternak (Wasbitnak) lingkup Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen sejumlah 30 peserta. Kegiatan ini terselenggara melalui program KP4S dan permintaan langsung dari peternak sapi di Kabupaten Kebumen yang berlangsung pada Senin (28/5), setelah sebelumnya dilaksanakan pengukuran tubuh pedet pada Sabtu (26/5) berlokasi di Asosiasi Pembibitan Sapi PO Kebumen (ASPOKEP).

Dr. Hartati dalam paparannya mengungkapkan bahwa SIDIK hadir dengan latar belakang untuk memudahkan peternak dalam mengamati sapinya secara terstruktur. “SIDIK dapat menjadi wadah untuk melakukan identifikasi, recording, memudahkan membedakan satu sapi dengan yang lain serta dapat membantu untuk mengetahui riwayat keturuan ternak sehingga bisa menjadi dasar seleksi untuk mendapatkan bibit unggul,” jelas Alumnus S3 IPB ini.

Sementara itu, menurut Peneliti Breeding Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Bayu Dewantoro, S.Pt, M.Sc dari hasil pengamatannya saat melaksanakan pendampingan bersama peternak sapi PO di Kabupaten Kebumen, aplikasi SIDIK sangat membantu peternak. “Peternak sebenarnya sudah melakukan recording setiap hari, tapi hanya berdasarkan feeling. Nah, dengan penggunaan data yang rapi maka peternak bisa mencari silsilah dari tetuanya berdasarkan data yang telah dimasukkan ke dalam aplikasi, sehingga menghindarkan terjadinya inbreeding. Juga memudahkan dalam proses seleksi dan culling,” ujar Bayu.

Bayu menambahkan, keuntungan lain yang bisa diperoleh dari Aplikasi SIDIK ini, kalau dahulu peternak melakukan recording untuk diserahkan kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen dengan cara manual. Dan ketika akan mencari data silsilah harus membuka excel. “Ini lumayan sulit untuk dicari silsilahnya. Kini, dengan SIDIK Dinas akan lebih  mudah melihat datanya. Dan ini bermanfaat baik untuk Koordinator Recording maupuan Recording di lapangan. Peternak juga akan memperoleh kemudahan untuk memonitoring sapi miliknya, misalnya sapi yang sedang sakit,” lanjut Bayu.

Keuntungan selanjutnya adalah peternak akan mudah dalam mengamati perkembangan PBBHnya. “Aplikasi SIDIK menyediakan perhitungan PBBH secara otomatis. Misalnya tanggal 1 Januari kita timbang, dan tanggal berapa kita timbang lagi. Kita akan langsung tahu secara otomatis,” tutup Bayu.

Purnowati, SP, M.Si selaku Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen mengungkapkan harapannya agar Dinas bisa dibuatkan akun khusus, sehingga bisa langsung memantau secara realtime di lapangan. “Saya berharap Dinas bisa dibuatkan akun secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten hingga RT/RW. Adapun data pendukungnya adalah data populasi, kelahiran, mutasi, pengukuran pertumbuhan, data pejantan dan indukan. Sehingga akhirnya Dinas bisa melakukan validasi dari data yang diinput oleh recorder masing-masing desa,” ungkap Purnowati.

Peserta yang hadir mengungkapkan sangat terbantu dengan kehadiran aplikasi android SIDIK, karena mudah untuk diaplikasikan. “Saya berharap SIDIK bisa diterapkan oleh recorder disemua desa/kelompok ternak diwilayah tanggungjawabnya,” ujar Sutrisno, S.ST selaku Wasbitnak Kabupaten Kebumen. Sedangkan recorder asal Desa Tanggulangi, M Fikri Azis mengungkapkan bahwa SIDIK bisa membuat kita dapat melakukan pelaporan secara faktual, serta mempermudah pelaporan pengukuran, serta mengevaluasi hasil penimbangan ternak secara otomatis (FF/Lolitsapi).

Beberapa foto kegiatan :

 


ZONA INTEGRITAS

UGP
WBK
Play Pause

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday65
YesterdayYesterday238
This_WeekThis_Week303
This_MonthThis_Month3795
All_DaysAll_Days40507

 


(by AWStats )

5173
View Pages
35302
Hits

Kunjungi media sosial kami :