Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Cegah Penyalahgunaan Anggaran, Lolitsapi Tingkatkan Pemahaman Implementasi SPI

Gowa – Sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan anggara, Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) melaksanakan studi banding guna meningkatkan pemahaman implementasi Sistem Pengendalian Internal (SPI). Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan menjadi lokasi studi banding yang berlangsung pada Selasa - Kamis (24 - 25/3) dengan anggota tim yang berangkat adalah Ir. Ainur Rasyid, Jauhari Efedy, S.Pt, M.Si dan Rindi Maulida Hanik.

“Adapun tujuan kami berangkat adalah untuk belajar dan menambah wawasan terhadap pelaksanaan Satlak PI yang dilakukan di BBPP Batangkaluku, mengingat BBPP Batangkaluku selalu mendapat penghargaan dalam pelaksanaan pengendalian internal,” ujar Ir. Ainur Rasyid.

SPI merupakan salah satu fungsi pengawasan terhadap penggunaan anggaran pemerintah terhadap pelaksanaan kegiatan penelitian, diseminasi maupun manajemen. Didalamnya terdapat rencana, metoda, prosedur dan kebijakan yang didesain oleh manajemen untuk memberikan jaminan yang memadai atas tercapainya efisiensi dan efektivitas operasional, kehandalan pelaporan keuangan, pengamanan terhadap aset, ketaatan/kepatuhan terhadap undang-undang, kebijakan dan peraturan lain. “SPI terdiri dari 5 (lima) unsur yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi dan pengawasan,” ungkap Ainur Rasyid. Kelima unsur tersebut  terkait satu dengan yang lainnya, sehingga dapat memberikan kinerja sistem yang terintegrasi yang dapat merespon perubahan kondisi secara dinamis.

Lolitsapi merupakan salah satu lembaga Badan Litbang pemerintah yang setiap aktivitasnya menggunakan anggaran dari APBN. “Dengan demikian maka fungsi pengawasan internal perlu diintensifkan secara maksimal guna mencegah penyalahgunaan anggaran,” ujar Jauhari. 

Beberapa hal yang dapat menjadi pembelajaran dari hasil studi banding adalah Satlak PI BBPP Batangkaluku telah memiliki Ruang Sekretariat yang didalamnya menyimpan dokumen SPI, SOP ditambah instruksi kerja serta laporan kegiatan pelatihan. Sehingga segala dokumen dapat tersusun rapi dan sekaligus dapat berfungsi sebagai ruang pertemuan bagi tim SPI. Di BBPP Gowa, register risiko disusun oleh tim SPI dengan mengacu pada SOP dan instruksi kerja yang sudah dibuat oleh masing-masing bidang.  Dari sisi penilaian SPI, tim BBPP Gowa tidak melakukan penilaian secara rutin misalnya per triwulan atau semester, tetapi secara tidak langsung tim Satlak PI sudah melakukan penilaian setiap bulan berdasarkan laporan bulanan yang diberikan oleh masing-masing bidang. Terakhir, sebagai bentuk laporan tim Satlak PI diminta oleh Badan SDMP untuk mengisi form penilaian yang didalamnya meliputi lima unsur SPI disamping laporan tahunan (FF/Lolitsapi).


ZONA INTEGRITAS

UGP
WBK
Play Pause

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday4
YesterdayYesterday83
This_WeekThis_Week4
This_MonthThis_Month3106
All_DaysAll_Days15557

 


(by AWStats )

5173
View Pages
35302
Hits

Kunjungi media sosial kami :