Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Lolitsapi Survey Kelayakan Calon Penerima Bibit Sapi Potong di Kota Palangkaraya

Dalam rangka mendukung Program Perbibitan Nasional tahun 2018, Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) akan melakukan penyebaran bibit sapi potong ke berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu lokasi yang direncanakan menerima penyebaran bibit sapi potong adalah Kelompok Tani Ternak (KTT) Karya Mandiri yang merupakan KTT binaan Dinas Ketahaan Pangan Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah pada Rabu – Jum’at (30 Mei – 01 Juni 2018). Adapun petugas survey yang berangkat adalah Dr. Ir. Aryogi, MP dan Jauhari Efendy, S.Pt, M.Si.

Sebelum dilakukan penyerahan bibit, maka Lolitsapi melakukan survey terlebih dahulu kepada calon stakeholder dengan melihat potensi sumberdaya alam dan sumber daya manusia yang tersedia.

“Kegiatan ini terlaksana sebagai tindak lanjut permohonan bibit ternak sapi potong dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Palangkaraya dengan sasaran penerima adalah KTT Karya Mandiri,” ujar Dr. Aryogi.

Survey diawali dengan koordinasi bersama Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangkaraya. Aryogi mengungkapkan beberapa point hasil koordinasi, diataranya Lolitsapi telah menyiapkan 10 ekor sapi Peranakan Ongole (PO) dengan rincian 9 ekor induk sapid an 1 ekor pejantan. Sebelum pengiriman sapi dilakukan perlu dipersiapkan surat rekomendasi pemasukan ternak dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Aryogi menambahkan KTT Karya Mandiri memiliki bidang usaha perkebunan kelapa sawit, hortikultura, dan peternakan sapi potong. Dari ketiga jenis usaha tersebut, peternakan sapi potong masih tergolong baru dengan manajemen teritegrasi dengan kelapa sawit dengan luas areal 120 ha, sehingga diharapkan mampu menjadi penopang ekonomi bagi anggotanya.

Adapun lokasi pengembangan perbanyakan bibit sapi potong dan perbaikan lahan sebagai area hijauan pakan ternak maupun padang penggembalaan dengan jumlah total area 70 ha. KTT Karya Mandiri saat ini memiliki 54 ekor sapi PO, 42 ekor sapi Bali, serta 4 ekor sapi Katingan yang merupakan sapi lokal Kalimantan Tengah. Sedangkan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh KTT Karya Mandiri adalah dua unit kandang masing-masing berkapasitas 80 ekor sapi dewasa, satu unit gudang pakan, dua unit chopper, dan dua unit kendaraan roda tiga pengangkut pakan.

Mempertimbangkan kondisi eksisting dan juga dukungan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangkaraya serta BPTP Kalimantan Tengah, maka secara teknis maupun non teknis KTT Karya Mandiri dinilai layak untuk mendapatkan bantuan sapi potong dari Lolitsapi.

Beberapa foto kegiatan :

 


ZONA INTEGRITAS

UGP
WBK
Play Pause

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday63
YesterdayYesterday238
This_WeekThis_Week301
This_MonthThis_Month3793
All_DaysAll_Days40505

 


(by AWStats )

5173
View Pages
35302
Hits

Kunjungi media sosial kami :