Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Percepat Serapan Inovasi, Tim Humas Kementan Sambangi Lolitsapi

Pasuruan – Tim Humas Kementerian Pertanian (Kementan) yang diwakili oleh Deny Kristianto, S.Sos, M.Si selaku staf Biro Humas dan Informasi Publik Sekretariat Jenderal Kementan mengunjungi Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) sebagai upaya untuk mempercepat serapan teknologi inovasi Lolitsapi oleh masyarakat. Dalam kesempatan ini Deny diterima langsung oleh Kepala Lolitsapi Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc dan Petugas Jasa Penelitian (Jaslit) Jauhari Efendy, S.Pt, M.Si.

Deny mengungkapkan bahwa kedatangannya dalam upaya mengekspose inovasi yang telah dihasilkan oleh Lolitsapi. Salah satu yang menjadi fokus adalah teknologi aplikasi rekording sapi potong bernama SIDIK (Sistem Identifikasi dan Rekording Ternak). “Saat ini sudah eranya digitalisasi, maka inovasi vital (mengubah dari manual menjadi digital) seperti SIDIK ini penting untuk diekspose dengan baik ke masyarakat umum. Sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya,” ujar Deny.

Dicky Pamungkas menambahkan bahwa dengan menggunakan SIDIK maka peternak dapat merasakan banyak keuntungan. Jika rekording dilakukan dengan benar, maka peternak dapat memiliki portofolio yang akan memberikan nilai tambah bagi ternak yang dimiliki.

Sementara itu, dalam kesempatan lainnya saat memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi SIDIK di Kebumen, Dr. Hartati selaku inventor SIDIK mengatakan bahwa SIDIK hadir dengan latar belakang untuk memudahkan peternak dalam mengamati sapinya dengan terstruktur. “SIDIK dapat menjadi wadah untuk melakukan identifikasi dan rekording sehingga dapat mempermudah dalam membedakan satu sapi dengan sapi lainnya. Hal ini akan membantu kita untuk mengetahui riwayat keturunan ternak sehingga bisa menjadi dasar seleksi untuk mendapatkan bibit unggul,” jelas Hartati.

Adapun data yang bisa dipantau oleh peternak dari aplikasi SIDIK diantaranya adalah ID Eartag, kategori ternak, jenis ternak, jenis kelamin ternak, ID pejantan, ID induk, rumpun ternak, tempat lahir ternak, tanggal lahir, panjang badan, tinggi badan, lingkar dada, bobot badan, bobot  badan induk, metode perkawinan, tipe kelahiran dan asal ternak. Dalam aplikasi SIDIK juga ada konten berita baik berbentuk artikel, foto dan video serta adapula forum diskusi dan PPOB sebagai sarana peternak dapat berbisnis.


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday221
YesterdayYesterday368
This_WeekThis_Week1186
This_MonthThis_Month4018
All_DaysAll_Days56521

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :