Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Tingkatkan Jumlah Paten, Badan Litbang Kementan Selenggarakan Bimtek Penyusunan dan Pengelolaan Kekayaan Intelektual

Saat ini, permintaan akan teknologi tepat guna sudah semakin pesat dengan ritme persaingan yang cukup ketat baik antar lembaga Litbang maupun dunia usaha. Oleh karena itu Litbang dituntut untuk selalu menghasilkan teknologi inovatif (invensi) dan melakukan perlindungan dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Perlindungan tersebut sangat diperlukan untuk melindungi invensi dari hal-hal yang tidak diinginkan, dan juga untuk melindungi industri yang melisensi agar mempunyai kekuatan hukum dalam pengembangan komersialisasinya. Hal ini sangat penting karena kepemilikan HKI dan kerjasama lisensi dengan dunia usaha merupakan salah satu  indikator keberhasilan lembaga Litbang.

Rendahnya jumlah paten di antaranya disebabkan oleh belum tingginya tingkat kesadaran inventor terhadap pentingnya perlindungan hasil karya atau ide kreatifnya serta masih kurangnya kemampuan inventor dalam melakukan drafting paten secara baik. Selain itu, kemampuan penelusuran prior art juga masih rendah.

Menanggulangi hal tersebut, maka Badan Litbang Kementerian Pertanian menyelenggarakan kegiatan Penyusunan dan Pengelolaan Kekayaan Intelektual di IPB International Convention Centre (7-10 Agustus 2018), Bogor. Kegiatan diisi dengan asistensi penyusunan draft paten bagi inventor Balitbangtan. Melalui kegiatan asistensi ini diharapkan dihasilkan 30 draft paten baru Balitbangtan yang dapat didaftarkan ke Ditjen HKI.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (Balai PATP), Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si, menyatakan sangat bangga dengan kinerja peserta bimtek HKI kali ini. “Sebagai UPT pengelola HKI dan alih teknologi Balitbangtan, Balai PATP akan terus mengupayakan agar proses pendaftaran HKI dapat lebih ditingkatkan baik secara kualitas maupun kuantitas, serta mengupayakan percepatan proses perlindungan HKI-nya,” tegas Retno. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh seluruh perwakilan UK/UPT lingkup Balitbangtan. Adapun dari Lolitsapi yang hadir yakni M Luthfi, MP selaku peneliti Lolitsapi.


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday221
YesterdayYesterday368
This_WeekThis_Week1186
This_MonthThis_Month4018
All_DaysAll_Days56521

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :