Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Peneliti Lolitsapi Jadi Narasumber Pengembangan Kawasan Perbibitan Sapi Potong di Kab. Probolinggo

Probolinggo – Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) diwakili oleh Dr. Aryogi menjadi narasumber sosialisasi kegiatan Pengembangan Kawasan Peternakan dan Perbibitan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 15 Agustus 2018 di Kelompok Tani Ternak (KTT) Adil Makmur, Desa Tongas Tengah, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

“KTT ini masih sangat konsisten mengembangkan sapi potong Peranakan Ongole (PO), sehingga ditetapkan oleh Dinas PKH Kab. Probolinggo sebagai KTT pelestari dan pengembang Plasma Nutfah sapi potong lokal PO,” ujar Aryogi.

Acara ini dihadiri oleh 40 orang anggota kelompok didampingi oleh Sekretaris Dinas, Seksi Perbibitan dan Petugas IB Kecamatan Tongas. Dr. Aryogi dalam kesempatan ini menyampaikan materi Tata Laksana Perbibitan Sapi PO dan Persiapan Wilayah Perbibitan Sapi PO.

Usai paparan materi, kegiatan pun berlangsung dalam sesi diskusi. Adapun permasalahan utama yang saat ini masih dihadapi oleh peternak yaitu nilai Service per Conception (S/C) Inseminasi Buatan (IB) yang masih tinggi serta terjadi kelangkaan pakan saat musim kemarau.

Melihat permasalahan tersebut, maka solusi yang ditawarkan adalah secara swadaya atau minta bantuan kepada Dinas PKH Kab. Probolinggo untuk mengadakan pejantan sebagai pemacek apabila sapi induk telah di IB lebih dari dua kali namun belum bunting. Sedangkan untuk menjawab permasalahan di musim kemarau, maka direkomendasikan untuk menanam indigofera sebagai Hijauan Pakan Ternak (HPT) berkualitas.


ZONA INTEGRITAS

UGP
WBK
Play Pause

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday70
YesterdayYesterday238
This_WeekThis_Week308
This_MonthThis_Month3800
All_DaysAll_Days40512

 


(by AWStats )

5173
View Pages
35302
Hits

Kunjungi media sosial kami :