Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Lolitsapi Laksanakan Pendampingan Terpadu Upsus Siwab di Tarakan

Tarakan – Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) melakukan pendampingan Upsus Siwab di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mempercepat peningkatan produksi daging sapi di dalam negeri, mengurangi ketergantungan impor serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha ternak ruminansia.

Di Kota Tarakan, peneliti Lolitsapi yang bertugas adalah Jauhari Efendy, S.Pt, M.Si. Kegiatan diawali dengan rakor Upsus Siwab di Ruang Pertemuan Hotel Monaco Tarakan dengan narasumber Dr. Atien Priyanti yang dihadiri oleh petugas dinas/instansi dari lima kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kaltara, Kabid. Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. Kaltara, tenaga pendamping dari Puslitbangnak dan tenaga teknis dari BBVet Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Dalam rakor Upsus Siwab, beberapa materi yang disampaikan adalah evaluasi Upsus Siwab Prov. Kaltara, evaluasi implementasi inovasi teknologi peternakan dan veteriner, serta sistem integrasi sapi-sawit. Teknologi yang disampaikan dalam mendukung Upsus Siwab diantaranya adalah nano hormon, bioplus pedet, minoxvit, test kit kebuntingan, benih indigofera, dan aplikasi teknologi kesehatan hewan “Takesi”.

Sedangkan dalam kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev), hal yang dibahas adalah target dan realisasi IB, kebuntingan dan kelahiran serta evaluasi pemanfaatan teknologi peternakan dan veteriner. Adapun kelompok yang mendapatkan kunjungan langsung dan proses evaluasi pemanfaatan teknologi adalah Kelompok Tani Ternak (KTT) Sumber Makmur 2 Tarakan Tengah dan KTT Jiwa Baru Tarakan Barat.

Berdasarkan evaluasi Upsus Siwab yang tergambar pula dalam aplikasi ISHIKNAS dilaporkan bahwa di Kota Tarakan telah terealisasi IB sebanyak 301 ekor dari target 350 ekor atau 86%, kebuntingan telah terealisasi sebanyak 126 ekor dari target 210 ekor atau 60% dan terealisasi kelahiran 96 ekor dari target 175 ekor atau 54,4%.

 


ZONA INTEGRITAS

UGP
WBK
Play Pause

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday66
YesterdayYesterday238
This_WeekThis_Week304
This_MonthThis_Month3796
All_DaysAll_Days40508

 


(by AWStats )

5173
View Pages
35302
Hits

Kunjungi media sosial kami :