Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Sosialisasi Surat Keterangan Layak Bibit Sapi PO di Kota Probolinggo

Probolinggo – Loka Penelitian Sapi Potong bersama Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang menjadi pemateri sosialisasi Surat Keterangan Layak Bibit (SKLB) di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo pada Selasa, 16 Oktober 2018 berlokasi di Aula Dispertan Kota Probolinggo diikuti oleh 70 orang perwakilan Kelompok Tani yang ada di Kota Probolinggo. Pemateri dari Loka Penelitian Sapi Potong diwakili oleh Ir. Ainur Rasyid sedangkan dari BBIB Singosari adalah  drh. Koko Wisnu P, M.Pt.

Dalam sambutannya, Kepala Disperta Kota Probolinggo Ir. Sukarning Yuliastuti, M.Si mengungkapkan bahwa peternak supaya dapat mengupgrade pola pikirnya untuk professional. “Memelihara sapi supaya digawe (dibuat) bisnis. Bagaimana satu jadi dua, dua jadi tiga, dan seterusnya. Jangan hanya sebagai cadangan. Meskipun Kota Probolinggo tidak memiliki lokasi yang luas, tetapi sapi bisa terus dikembangkan. Kita disini pengelolaan pasar sudah bagus. Maka peternak supaya bisa lebih semangat,” ujar Sukarning. Saat ini, sedikitnya Dispertan Kota Probolinggo telah menerbitkan 17 sertifikat SKLB dari kelompok ternak yang dibina.

Ir. Ainur Rasyid mengungkapkan bahwa tulang punggung penghasil bibit adalah petani dan kunci dari pembibitan adalah rekording.  Sehingga melihat geliat yang baik dari petani untuk mengembangkan sapi PO, diharapkan bisa tercipta mutu genetik yang baik dari sapi PO yang ada di Kota Probolinggo.

drh. Koko Wisnu P, M.Pt dari BBIB Singosari mengungkapkan bahwa peternak harus memiliki strategi agar bisa memperoleh SKLB. Beberapa hal yang perlu disiapkan adalah memilih calon indukan, merencanakan perkawinan, melakukan pencatatan, melengkapi persyaratan dan mendaftarkan untuk memperoleh SKLB.

Diharapkan output dari kegiatan ini adalah semakin meningkatkan minat peternak untuk melakukan pencatatan yang baik sehingga dapat memperbaiki kualitas bibit sehingga pada akhirnya adalah semakin banyak peternak yang dapat memperoleh SKLB. Dengan adanya SKLB, maka peternak diharapkan dapat memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dengan tersertifikasinya bibit yang dimiliki.


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday6
YesterdayYesterday212
This_WeekThis_Week218
This_MonthThis_Month5065
All_DaysAll_Days57568

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :