Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Bimtek dan Monev #Bekerja di NTB

Lombok Tengah - Loka Penelitian Sapi Potong melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun tim yang bertugas  adalah Drs. Lukman Affandhy, Ir. Ainur Rasyid dan Frediansyah Firdaus, S.Pt. Kegiatan diawali dengan melakukan koordinasi dengan tim pendamping pusat lainnya dari Puslitbangnak, BBLitvet, BBP2TP dan Puslitbangbun di Loby Hotel D’Praya Lombok pada Kamis, 11 Oktober 2018. Beberapa hal yang menjadi pembahasan dalam koordinasi tim pendamping pusat adalah biosecurity, jumlah ayam hidup dan mati, suhu kandang, pakan, air, tempat pakan dan minum serta kondisi lampu penghangat.

Usai koordinasi tim dibagi menjadi dua, tim pertama melakukan Bimbingan Teknis dengan materi biosecurity dan tim kedua melaksanakan monev. Monev, diawali melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Mangkung sebagai salah satu desa penerima program #Bekerja yang ada di Lombok Tengah, dan dilanjutkan menuju dusun penerima bantuan ayam KUB yang ada di wilayah Desa Mangkung, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Jumlah warga penerima program #Bekerja yang ada di Desa Mangkung adalah 1.012 Rumah Tangga Miskin (RTM). Hari selanjutnya, Monev dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan Kepala Dusun Rujak Praya, Desa Selong Belanak dan terjun langsung melihat kondisi ayam KUB di RTM sebanyak 10% dari total penerima program sebanyak 349 RTM.  Adapun kegiatan terakhir yang dilaksanakan adalah melakukan pendampingan dropping ayam terhadap 220 RTM. Saat ini, berdasarkan data yang diperoleh dari tim lapang BPTP sedikitnya telah tersalurkan bantuan untuk 6.000 RTM dari total target penyaluran 12.200 RTM.

Tim kedua sendiri melaksanakan bimbingan teknis pencegahan penyakit ayam buras di Kecamatan Praya Timur bersama tim ahli penyakit dari BBLitvet, koordinator lapang yang diikuti oleh pendamping desa, yaitu 27 pendamping dan 10 RTM penerima bantuan. Beberapa materi yang diberikan adalah pencegahan penyakit, pencegahan dengan tindakan pengebalan, tindakan pengoptimalan kebugaran, pencegahan dengan tindakan biosekuriti, dan tindakan biosekuriti di RTM.

Program #Bekerja dilaksanakan untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air berbasis pertanian dengan tiga tahapan, jangka pendek, menengah, dan panjang. Komoditas program ini diarahkan sesuai dengan keunggulan komparatif masing-masing daerah yang menghasilkan nilai ekonomis tinggi. Sasarannya difokuskan pada satu wilayah penduduk miskin yang dikelompokkan dalam 3 klaster. Setiap klaster, penduduk miskin berjumlah 5 hingga 10 ribu. Solusi jangka pendek dan menengahnya melalui bantuan bibit ayam petelur beserta kandang dan pakan.

 


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday6
YesterdayYesterday212
This_WeekThis_Week218
This_MonthThis_Month5065
All_DaysAll_Days57568

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :