Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Strategi Perbaikan Produktivitas Sapi Potong di Indonesia oleh Prof. Sumadi

Pasuruan – Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Ir. Sumadi, M.S., IPU memaparkan strategi perbaikan produktivitas sapi potong di Indonesia dihadapan peneliti dan litkayasa Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi). Kegiatan ini berlangsung sebagai upaya sharing dan diskusi mengenai pengembangan sapi potong di Indonesia. Prof. Sumadi mengungkapkan bahwa perbaikan produktivitas sapi potong perlu dilakukan karena sapi merupakan aset daerah/nasional, sumber daya genetik/plasma nutfah, sumber pangan dan memberikan peranan sosial ekonomi.

Permasalahan rendahnya produktivitas seperti calving interval 18 bulan, kekurangan suplai sekitar 1 juta ekor/tahun, pemotongan betina produktif mencapai 300 ribu/tahun, dan prosentase sapi yang mengalami gangguan reproduksi mencapai 30% dari sekitar 70-75% sapi persilangan yang ada di Jawa maka perlu dilakukan usaha perbaikan mutu genetik. “Kita dapat memperbaiki mutu genetik dengan melakukan seleksi, pengaturan perkawinan dan atau persilangan antar bangsa sapi,” ujar Prof. Sumadi.

Persilangan memiliki tujuan mengumpulkan sifat yang baik dari dua atau lebih dalam satu bangsa silangan, peningkatan heterosigot dan penurunan homosigot. Secara konkrit yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan heterosis, melakukan grading up (mengubah suatu bangsa ternak tertentu ke bangsa yang lain) dan pembentukan bangsa baru.


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday203
YesterdayYesterday389
This_WeekThis_Week1723
This_MonthThis_Month7297
All_DaysAll_Days163458

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :