Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Bimbingan Teknis Bioinformatika untuk Deteksi Penyakit Hewan

Bogor – Peneliti Loka Penelitian Sapi Potong mengikuti bimbingan teknis bioinformatika untuk mendeteksi penyakit hewan di The Sahira Hotel, Tanah Sereal, Kota Bogor pada tanggal 22 – 23 April 2019 untuk materi tentang bioinformatika dan tanggal 24-26 April 2019 untuk praktik aplikasi bioinformatika di Balai Besar Penelitian Veteriner, Bogor. Peneliti yang mengikuti acara tersebut adalah Almira Primasari, S.Pt, M.Si, Mutia Primananda, S.Pt, M.Si., dan Mozart Nuzul Aprilliza, M.Si serta satu orang Medik Veteriner drh. Cahyani Kartika Maharani. Secara keseluruhan, acara ini diikuti oleh 120 orang peserta perwakilan dari Perguruan Tinggi, peneliti bidang kesehatan hewan dan peternakan, dan Kementerian Kesehatan.

Kepala BBLitvet Dr. drh. NLP Indi Dharmayanti, M.Si menyampaikan bahwa adanya kemajuan terbaru dalam teknologi genom telah menyebabkan ledakan data dan pertumbuhan pesat bidang bioinformatika dalam bioteknologi dan ilmi biomedis yag lebih luas. “Pada akhirnya membuat kemajuan yang pesat dalam pengembangan bidang genomika termasuk biomarker penyakit,” ujar NLP Indi.

Narasumber berasal dari dalam dan luar negeri, diantaranya adalah Prof. drh. Widya Asmara, SU., Ph.D (Dosen Fakultas Kedokteran Hewan UGM) tema “Genetic engineering in vet and its regulation”. Dr. Lee McMichael (Dosen The University of Quendsland, Australia) tema “Approcher to the genetic study of viruses in Australian native wildlife”. Dr. Stanley Pang (Mudoch University, Australia) tema “Using Bioinformatics to identify antimicrobial resistant bacterial clones”.

Hari kedua, acara dipandu moderator Dr. drh. Abdul Adjid, notulen Dr. drh. Dyah Haryuningtyas S, M.Si. Materi pertama yaitu Introduction to phylogenetics “ disampaikan oleh Dr Lee McMichael. Pembicara kedua oleh Hidayat Trimarsanto, B. Sc, dari Eijkman Institute for molecular biology, Kemenristekdikti, dengan tema “Next Generation Sequencing for desease detection”. Tema “Closer look at bioinformatics step by step”, oleh Dr Stanley Pang. Ditutup dengan materi “Gene cloning and its application”, oleh Dr. drh. Silvia Triwidyaningtyas, dari IHVCB Univeristas Indonesia.

Praktik Aplikasi

Materi praktik aplikasi bioinformatika diawal dengan penyampaian penggunaan Gen Bank. Gen bank merupakan situs yang dirancang sebagai database sequencing genetic. GenBank dirancang untuk menyediakan dan mempermudah ilmuwan untuk mendapatkan informasi urutan DNA paling mutakhir dan komprehensif. Gen bank dapat diakses dengan mudah di link website : www.nbci.nlm.nih.gov/genbank. Materi selanjutnya adalah penggunaan software MEGA X untuk mengeksplorasi, menemukan dan menganalisis urutan DNA dan protein serta alignment sekuen gen atau basa nukleoida.

 Hari kedua, disampaikan materi penggunaan software VMWare. VMWare merupakan software free yang digunakan untuk menganalisa sekuen gen yang sangat panjang. Panjang sekuen yang dapat dianalisa bisa mencapai jutaan bp. VMWare digunakan untuk menganalisa sekuen gen bakteri, karena software tersebut dapat digunakan untuk sekuen yang sangat panjang maka untuk analisa bakteri dapat dilakukan untuk whole genome.

 Hari ketiga disampaikan materi kloning gen, yang merupakan teknik molekuler untuk membuat beberapa copy yang identik dari fragmen DNA. Tahapannya adalah cut and paste DNA, transformasi dan seleksi klon, stok kultu dan stok plasmid.

 


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday203
YesterdayYesterday389
This_WeekThis_Week1723
This_MonthThis_Month7297
All_DaysAll_Days163458

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :