Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Pengembangan Sumber Daya Genetik (SDG) Sapi Sasra dan Jabres

Upaya pelestarian plasma nutfah sapi  potong lokal perlu diupayakan oleh seluruh elemen bangsa. Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) berupaya berperan aktif mendukung pemerintah daerah dalam mengembangkan sumber daya genetik (SDG) sapi potong, dalam hal ini sapi Sasra (Sragen) dan sapi Jabres (Brebes) di Jawa Tengah.

Sapi Sasra atau yang biasa juga disebut dengan sapi hitam berasal dari persilangan antara pejantan sapi Brangus dengan sapi Jawa atau Peranakan Ongole (PO). Sapi Sasra memiliki ciri khas warna bulu hitam pada seluruh bagian tubuh, tidak bertanduk, tidak berpunuk, kepala berbentuk segitiga, terdapat nonong di kepala, telinga tidak rebah serta tumbuh bulu yang lebat pada bagian dalam daun telinga.  

Tim peneliti Lolitsapi terdiri dari Dr. Peni Wahyu P, S.Pt., MP., Muchamad Luthfi, S.Pt., MP., Ir. Ainur Rasyid dan Teknisi Litkayasa M. Chanafi menghadiri Kontes Ternak Sapi Hitam di Kab. Sragen dilanjutkan dengan pengukuran statistik tubuh, pengambilan darah, penelusuran keturunan pejantan yang digunakan oleh peternak yang ada di Balai Inseminasi Buatan Daerah (BIBD) Ungaran. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaring calon pejantan unggul sapi Sragen serta upaya pelestarian SDG sapi lokal di Indonesia. Sapi Sragen memiliki keunggulan mudah beradaptasi dengan lingkungan, palatabilitas tinggi, tahan terhadap penyakit caplak, memiliki sifat keibuan (mothering ability) cukup baik serta memiliki produksi susu induk cukup tinggi.

Sedangkan untuk pelestarian sapi Jabres, salah satu hal yang turut dilakukan Lolitsapi yaitu dengan melakukan pengukuran dan pengambilan sampel darah calon pejantan sapi Jabres sebagai upaya mendapatkan pejantan unggul sapi Jabres. Hal ini juga untuk mendukung program dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes yang tengah melakukan penentuan Standar Nasional Indonesia (SNI) pada sapi Jabres yang melibatkan pakar dari berbagai pihak, diantaranya kalangan akademisi (Fakultas Peternakan Undip dan UGM), Lolitsapi dan BPTP Jawa Tengah. SNI yang akan ditetapkan meliputi aspek fenotipik, diantaranya tinggi gumba, panjang badan, lingkar dada, serta warna kulit.


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday183
YesterdayYesterday389
This_WeekThis_Week1703
This_MonthThis_Month7277
All_DaysAll_Days163438

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :