Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Selayang pandang pola perbibitan di BPTU HMT Denpasar Bali

Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) melakukan inisiasi kerjasama bibit pejantan sapi Bali di BPTU-HPT Denpasar, Bali. Dilakukan pula sharing model perbibitan sapi bali secara semi intensif termasuk model manajemen kesehatan ternak untuk bibit sapi dara, induk dan pejantan. Tim dari Lolitsapi yang bertugas adalah Drs. Lukman Affandhy, Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc., dan drh. Cahyani Kartika Maharani. Perjalanan dinas dimulai dengan mengunjungi kantor BPTU-HPT Denpasar Bali yang diterima oleh I Gusti Ngurah Raka selaku Kasi Pelayanan Teknis dan Maskur selaku Penjab. Pakan Ternak.

BPTU HPT Denpasar adalah Unit Pelaksanaan Teknis yang bertanggung jawab pada Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian. Tugas dan fungsi BPTU-HPT Denpasar adalah pemeliharaan dan pengembangan sapi Bali, pemuliaan dan pelestarian sapi Bali, produksi dan distribusi bibit sapi Bali unggul, pemeliharaan dan pengembangan hijauan pakan ternak serta produksi dan pengembangan serta penyebaran hasil produksi bibit sapi Bali unggul secara nasional dengan komitmen terhadap mutu dan peningkatan berkelanjutan, menetapkan kebijakan mutu, dan menghasilkan bibit sapi Bali yang berkualitas. Populasi sapi Bali milik BPTU-HPT Denpasar adalah sekitar 1.400 ekor, didalamnya termasuk 40 ekor pejantan dan 600 ekor induk yang ditempatkan di area Pusat Pembibitan Pulukan dan Kabupaten Dompu (NTB) yang populasinya 400 ekor.

Sistem Perkawinan yang diterapkan di BPTU Denpasar dengan 2 tahapan. Inseminasi buatan (IB) menjadi teknik perkawinan pertama yang digunakan. Straw/semen beku yang digunakan untuk IB berasal dari sapi pejantan milik BPTU yang di processing oleh BPTU dan BBIB Bali (Baturiti). Model perkawinan sapi Bali adalah menggunakan Inseminasi Buatan (IB) setelah 40-50 hari pasca beranak (post partus) dengan metode sinkronisasi estrus menggunakan injeksi postaglandin (PGF2alpha) dengan interval 2-3 hari di-IB.

Kesehatan hewan juga merupakan bagian penting dalam perbibitan sapi. Tim keswan BPTU HPT Bali terdiri atas 4 orang Medik Veteriner dan 4 orang Paramedik Veteriner sebagai petugas teknis yang memiliki beberapa program antara lain adalah pencegahan, pengobatan dan pengendalian penyakit hewan. Pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya adalah tindakan vaksinasi dan tindakan pencuci hamaan. Tindakan pengobatan merupakan tindakan yang dilakukan untuk mengobati ternak yang sakit. Sedangkan tindakan pengendalian penyakit adalah tindakan yang dilakukan untuk  mencegah terjadinya penularan penyakit dan pengurangi penderitaan ternak.

Model perkandangan yang digunakan adalah dengan cara penggembalaan sistem Paddock yang dilengkapi tempat pakan dan tempat minum. Baik pada kelompok sapi dara, induk pasca bernak dan pejantan dengan dipagari oleh pagar kawat yang dilengkapi pagar listrik dengan tegangan rendah. Selain kandang paddock di BPTU Bali juga terdapat kandang individu terutama untuk sapi-sapi pejantan Bali yang digunakan sebagai sumber semen beku atau untuk sapi Bali dewasa yang berumur lebih dari 5 tahun sebagai cadangan pejantan atau akan dihibahkan ataupun dikirim ke BIBD atau BIB nasional sebagai sember semen beku. Kandang individu juga digunakan untuk sekelompok sapi Bali yang terseleksi.

Sumber pakan untuk sapi disesuikan dengan status fisiologis sapi, yaitu sesuai dengan kebutuhan pakan berupa campuran konsentrat komersial dan rumput unggul yang kadang ditambahkan dengan daun gamal dan atau Indigofera. Model mencampur pakan menggunakan mesin rakitan sendiri antara mesin chopper dan mixer guna memudahkan pemberian pakan pada sapi di kandang paddock ataupun kandang individu yang jaraknya cukup jauh menggunakan kendaraan mini truk. Tanaman gamal selain sebagai p


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday184
YesterdayYesterday389
This_WeekThis_Week1704
This_MonthThis_Month7278
All_DaysAll_Days163439

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :