Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Workshop Survei Litbang Pemerintah Tahun 2018

IPTEK berperan penting dalam melihat posisi Indonesia di mata dunia. Hasil kongres Ilmu Pengetahuan Dunia yang diadakan di Budapest tahun 1999 menekankan pentingnya setiap Negara memiliki akses terhadap statistik IPTEK  yang reliable dan relevan untuk kebijakan. Pembuat kebijakan membutuhkan banyak informasi yang reliable terutama untuk merancang kebijakan yang tepat untuk masalah tertentu, menentukan prioritas alokasi sumberdaya untuk pengembangan area IPTEK tertentu, dan mengkaji hasil efektivitas kebijakan yang telah dilaksanakan.

Data iptek selain dibutuhkan untuk membuat kebijakan pemerintah, juga menjadi salah satu indikator daya saing bangsa. Kebutuhan informasi IPTEK yang menyeluruh untuk pengaturan, perencanaan, pengawasan, pemantauan dan evaluasi, serta pembinaan dan kordinasi pelaksanaan SINAS Iptek; Informasi iptek yang dapat dibandingkan dengan negara lain; dan pemanfaatannya sebagai referensi tunggal dalam perencanaan dan evaluasi kebijakan iptek di Indonesia.

Pentingnya keberadaan data iptek dan inovasi nasional, terutama sebagai sumber informasi untuk perencanaan dan evaluasi berbagai kebijakan IPTEK dan inovasi di Indonesia. Dibutuhkan sistem terpadu pengelolaan data dan informasi IPTEK dari berbagai sumber yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi tunggal dalam perencanaan dan evaluasi kebijakan IPTEK di Indonesia. Sehingga perlu dilaksanakan workshop survei Litbang Pemerintah untuk menjawab kebutuhan data IPTEK yang reliabel dan relevan.

Workshop Survei Litbang Pemerintah dilaksankan di Akmani, Legian Hotel, Bali tanggal 14-16 Agustus 2019 dihadiri oleh perwakilan beberapa intansi/UPT Penelitian dan Pengembangan (litbang) Pemerintah yang berada di bawah induk BBTP, LIPI, Batan, Lapan, Kemenkes, Kemenperin, Kementan,KKP, Kemendikbud, Pemkot Denpasar, Pemprov JawaTimur, Pemrov Sulawesi Selatan, Pemrov Maluku Utara Pemrov Sulawesi Tenggara dan Pemprov Sulawesi Tengah. Tim yang bertugas dari Lolitsapi adalah Dr. Peni Wahyu P, S.Pt., MP dan Sintabella Sujunting Ananda.

Workshop dibuka oleh Ir. Rudianto Leksono Sayogyo, Kepala Bidang Data dan Informasi. Materi yang disampaikan oleh beberapa nara sumber meliputi : Definisi survei Data Iptek, Konsep dan Definisi Data. Pengisian data dilakukan secara on line. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua aplikasi, yatiu Sistem Informasi Iptek Nasional dan aplikasi esurvei: 1) Sistem iformasi iptek nasional digunakan untuk mengumpulkan data iptek yang formatnya data individual dan relasional, sebagai instrumen pertukaran data iptek baik dengan internal Kemenristekdikti maupun dengan instansi luar. 2) Esurvei digunakan untuk mengumpulkan data dari bentuk kuesioner. Data yang dikumpulkan melalui esurvei adalah data yang belum dapat diakomodir oleh Sistem informasi IPTEK nasional


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday208
YesterdayYesterday389
This_WeekThis_Week1728
This_MonthThis_Month7302
All_DaysAll_Days163463

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :