Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Fasilitasi Pengembangan Sapi Perah Bakorwil Madiun

Loka Penelitian Sapi Potong memenuhi undangan narasumber Rapat Koordinasi dan Fasilitasi dalam rangka pengembangan sapi perah se-Bakorwil I Madiun tahun 2019 di Ruang Rapat II Bakorwil I, Kota Madiun. Tim peneliti yang bertugas dari Lolitsapi dalam acara tersebut adalah Mariyono, M.Si. Wilayah kerja Bakorwil I Madiun meliputi a. Kabupaten Madiun; b. Kabupaten Magetan; c. Kabupaten Ngawi; d. Kabupaten Ponorogo; e. Kabupaten Trenggalek; f. Kabupaten Tulungagung; g. Kabupaten Pacitan; h. Kabupaten Kediri; i. Kota Madiun; dan j. Kota Kediri.

Jumlah peserta 60 orang terdiri dari petugas dinas dan kelompok peternak se-Bakorwil I Madiun. Rapat dibuka oleh Kepala Bidang Pembangunan Ekonomi Edi WIbowo. Narasumber dalam acara ini adalah Triatmoni (Disnak Prov. Jawa TImur), Mariyono (Lolitsapi) dan Hermanto (Univ. Brawijaya) dengan moderator Roro Estu.

Triatmini mengungkapkan bahwa populasi sapi perah di Jawa Timur 280.364 ekor, tertinggi secara nasional dengan permintaan yang tinggi mencapai 2.000 ton/hari. Hal ini menjadi potensi sekaligus tantangan untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara mandiri dimana kondisi peternakan sapi perah dihadapkan pada tantangan berupa masih rendahnya skala kepemilikan usaha, pemilikan lahan, produktivitas dan permodalan.

Sedangkan Hermanto mengulas secara lebih teknis bahwa sapi perah memberikan andil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi manusia sebagai mesin pengubah rumput menjadi susu. Industri susu berada dalam lingkaran industri ikutan berupa industri pakan, industri bibit, industri pengolahan susu, dan industri pengolahan limbah. Pemberian konsentrat kering memberikan beberapa keuntungan, diantranya adalah saat makan air liur keluar, jika tidak habis dapat disimpan kembali dan pemberiannya cepat.

Mariyono mengupas suka dan duka usaha peternakan sapi perah tahun 1978 – 2019 dari pengalaman secara langsung yang dialami. Secara umum perlunya memahami manajemen sapi perah berupa breeding, feeding dan manajemen. Pemeliharaan sapi perah diawali dengan ketepatan pemilihan bibit. Memilih bibit diperlukan kemampuan seni tersendiri. Pada prinsipnya, kulit tipis dan elastis, badan panjang, perut dalam, leher panjang dan tipis. Jika telah berpengalaman, seleksi dapat dilakukan dengan mata tertutup, yaitu dengan menyentuh tubuh menggunakan dua jari untuk meraba ketebalan kulit dan sumber susu.

Strategi pakan diantaranya adalah dengan memberikan pakan sesuai dengan status produksinya (laktasi dan non laktasi), tidak terpaku pada satu macam bahan pakan, memanfaatkan bahan pakan murah, sistem stok bahan pakan, dan mengakses informasi sumber bahan pakan terkini.

Bentuk warna nutrient dan aroma pakan dapat berubah-ubah bergantung pada ketersediaan, harga dan manfaat bahan pakan. Pakan yang baik adalah  murah, mudah di dapat, tidak beracun, disukai ternak, mudah diberikan dan tidak berdampak negatif terhadap produksi.

Strategi perkandangan dengan memastikan ternak nyaman

berada dalam kandang. Efisiensi tenaga kerja, luas kandang (1,5 x 2 m), tinggi ventilasi cukup, lantai tidak terlalu keras, tidak licin dan terlalu miring (1%). Disekitar kandang ditanami tanaman tahunan, alas kandang harus cepat kering. Untuk efisiensi, tempat pakan sebaiknya dibuat tanpa sekat antara satu sapi dengan sapi yang lainnya, tempat minum dibuat permanen dan dapat diisi air terus menerus.

Secara manajemen, pengelolaan sapi perah perlu disiplin jam kerja. Usaha sapi perah membutuhkan modal tinggi, jika menggunakan dana kredit maka perlu kelayakan usaha yang tepat. Saat ini masih terbelenggu konsep kualitas pakan dan daya dukung lahan, perlu dikembangkan konsep rumput mencari ternak.


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday183
YesterdayYesterday389
This_WeekThis_Week1703
This_MonthThis_Month7277
All_DaysAll_Days163438

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :