Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Balai Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa Melaksanakan Kunjungan Teknis Ke Lolit Sapi

Grati -  30 Agustus, Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU - HPT) Sembawa melakukan kunjungan teknis di Loka Penelitian Sapi Potong Grati. Kegiatan ini sebagai usaha peningkatan wawasan dalam pemenuhan permintaan pasar produk sapi pejantan yang siap tampung sperma. Perwakilan dari Tim BPTU - HPT Sembawa melaksanakan Kunjungan teknis ke kandang Loka Penelitian Sapi Potong.

Tim loka Penelitian sapi potong menjelaskan kepada peserta terkait manajemen ternak sapi yang telah diterapkan mulai dari pakan, model kandang individu dan Kelompok, salah satu yang menjadi kandang percontohan adalah kandang pamungkas yang merupakan kandang kelompok model litbangtan, kendang pamunkas disebut juga model atap kandang kelompok terbatas tampa dinding. Di dalam kendang pamungkas terdapat sapi jantan dan betina dengan rasio jantan 1: 10 sampai 1:20 untuk kawin alam dengan difasilitasi bahan pakan Jerami hijauan segar, dan konsentrat. Beliau juga menjelaskan cara perawatan hingga   pengolahan limbah. Loka Penelitian sapi potong sudah mengelolah limbah kotoran sapi menjadi pupuk kompos yang bisa dimanfaatkan sebagai piupuk kebun dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai CSR Loka Penelitian Sapi Potong.

Selain manajemen ternak kepala Loka Penelitian Sapi Potong menjelaskan bangsa - bangsa sapi yang dimilik serta hasil persilangan sebagain inovasi produk Loka Penelitian Sapi potong. Kegiatan ini didampingi oleh bapak Drh. Dicky M. Dikman, M.Phil selaku kepala loka penelitian sapi potong, Ibu drh. Yeni Widyaningrum, M.Si selaku dokter hewan, Bapak Jauhari Efendy, S.Pt., M.Si. selaku Penanggung Jawab Pengelolaan dan Pemanfaatan Bibit Sumber Sapi Potong dan Bapak Hilmi Panca Fitrayady, S.Pt. selaku kepala kandang Peserta kegiatan ini adalah Bapak Bagong Kusminandar, Yulia, Ibu Sustina dan Ibu Eka Yuliani. Para peserta sangat aktif dan responsif melakukan kunjungan teknis, mereka juga sharing dan konsultasi terkait manajemen ternak terutama sharing pengalaman mengenai manajemen calon pejantan penghasil bibit unggul.

 

 


Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday108
YesterdayYesterday79
This_WeekThis_Week187
This_MonthThis_Month187
All_DaysAll_Days402940

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :