Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Tingkatkan Kualitas SDM Balai Budidaya dan Pembibian Ternak Terpadu melakukan Kunjungan Kerja

Tim Balai Budidaya dan Pembibian Ternak Terpadu (BBPTT) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Loka Penelitian Sapi Potong Kabupaten Pasuruan pada tanggal 29 September 2022. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan Kualitas Sumber daya manusia terutama dalam bidang ternak dan kebun. Kunjungan Kerja ini dilakuan dengan studi lapangan, dimana tamu mengunjungi kandang dan kebun milik loka penelitian Sapi Potong. Kunjungan pertama mengamati Biosecurity, menurut Pak Dikman selaku Kepala Loka penelitian sapi Potong Biosecurity cukup efektif untuk mengurangi risiko ternak tertular wabah penyakit misalnya PMK.

Kunjungan berikutnya ke kandang yang didampingi oleh Muhammad nur zhofir, A.Md. pengawas bibit ternak dan Abdul rouf, A.Md. sebagai Teknisi Litkayasa. Kegiatan di kandang dimulai dari pengenalan konsetrat yang dirancang khusus untuk pakan ternak sapi, ada beberapa klasifikasi konsentrat khusus pakan sapi yaitu untuk pakan dara, indukan, pakan premium, dan pakan pedet. Dalam kegiatan ini tamu juga diperlihatkan alat pemotong terbaru yaitu chopper tpt. Kepala Loka Penelitian Sapi potong juga memperkenalkan jenis kandang yang ada di lolit sapi mulai dari kandang karantina, kadang pembesaran, kandang kelompok sampai pada rencana kandang umbaran. Sapi yang dimiliki yaitu sapi bali, jawa, jabres, galek, belgia, rambon dan sapi hasil persilangan berbagai jenis sapi. Serta yang paling menarik adalah sapi pogasi agrinak khas grati yaitu sapi potong yang memiliki daya tahan terhadap panas.

Kunjungan berikutnya dilanjutkan ke Kebun Gratitunon dan kebun sumberagung yang di dampingi oleh kepala Lolit dan Ibu Pritha Kartika Sukmasari, S.Pt. sebagai koordinator program. Kebun tersebut memiliki berbagai macam tanaman untuk pakan sapi mulai dari rumput gajah, lersia, rumput raja hingga jenis Leguminosa misalnya gamal, lamtoro dan turi.

Kepala Kebun dan penata kebun menjelaskan bagaimana cara budidaya dan perawatan tanaman agar bisa tumbuh secara optimal dan memenuhi target kebutuhan pakan sapi di loka penelitian sapi potong. Bapak agus mianto selaku Kepala kebun juga menjelaskan bagaimana manajemen pekerja agar bisa bekerja maksimal dengan mempertimbangkan psikologi dari pekerja salah satu caranya yaitu dengan gaya kepemimpinan demokratis dimana mempertimbangkan masukan dari bawahan yang memang sudah lama bekerja di kebun sehingga lebih tau kondisi di kebun serta para pekerja merasa lebih di hargai. Aprilia mediawaty, S.Tr.P. selaku Penata Kebun menjelaskan salah satu faktor keberhasilan dari budidaya tanaman adalah pemberian pupuk kompos selain ramah lingkungan pupuk kompos juga memiliki unsur hara yang cukup lengkap baik makro maupun mikro.

Tim Balai Budidaya dan Pembibian Ternak Terpadu sangat antusias dengan kegiatan studi lapang di kandang maupun kebun. Tim akan mengkaji ilmu yang dipelajari di Loka penelitian sapi potong dan menerapkannya di Balai Budidaya dan Pembibian Ternak Terpadu (BBPTT) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

 

 


Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday127
YesterdayYesterday79
This_WeekThis_Week206
This_MonthThis_Month206
All_DaysAll_Days402959

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :