Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Pakan Terbaik Untuk Sapi Belum Tentu Baik untuk Bisnis Anda

Usaha penggemukan sapi potong merupakan salah satu sektor bisnis yang paling menguntungkan dalam usaha peternakan sapi potong. Selain faktor keuntungan juga waktu balik modal yang lebih cepat dari pada usaha pembibitan.

Waktu yang ideal untuk penggemukan sapi potong adalah sekitar 6-12 bulan. Semakin pendek akan semakin menguntungkan. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah kejelian dalam memilih bakalan sapi yang akan digemukkan agar proses penggemukan sesuai dengan yang ditargetkan. Pemilihan target pasar juga menentukan besar kecilnya keuntungan yang diperoleh oleh peternak.

Faktor yang memiliki peran terbesar adalah pakan. Hampir 80 % biaya penggemukan sapi potong dikeluarkan untuk pakan. Proses pemilihan bahan pakan dan penyusunan ransum pakan menjadi faktor yang sangat krusial. Perlu dipilih bahan pakan yang nutrisinya memenuhi, harganya murah, terjangkau lokasinya, stoknya berkesinambungan, dan proses penyusunan ransum pakan sesuai dengan target nutrisi pakan.

Pakan yang nutrisinya baik tetapi lokasinya jauh akan menyebabkan biaya transportasi yang besar. Stok bahan pakan berkesinambungan diperlukan agar tidak terlalu sering ganti formulasi pakan yang menyebabkan bertambahnya masa adaptasi pakan pada sapi. Formulasi yang jeli dan tepat akan memberikan imbangan nutrisi yang efektif untuk pertumbuhan sapi potong.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam usaha penggemukan sapi potong. Untuk membantu penyusunan ransum pakan silahkan download aplikasi penyusunan ransum pakan di laman web lolisapi. (lolitsapi.litbang.pertanian.go.id)

 


ZONA INTEGRITAS

UGP
WBK
Play Pause

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday448
YesterdayYesterday416
This_WeekThis_Week1489
This_MonthThis_Month4938
All_DaysAll_Days33165

 


(by AWStats )

5173
View Pages
35302
Hits

Kunjungi media sosial kami :