Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Study Banding Gabungan Kelompok Tani Bentul Jaya Desa Jambepawon Kec. Doko Kab. Blitar

Grati, 25 Januari 2017. Komoditas sapi potong sampai saat ini masih menjadi cabang usahatani yang menjanjikan sehingga memunculkan daya tarik tersendiri bagi petani dan masyarakat pedesaan pada umumnya. Semangat menekuni bidang usaha peternakan sapi potong inilah yang menghantarkan 60 orang peternak anggota Gapoktan Bentul Jaya Desa Jambepawon Kec. Doko Kab. Blitar untuk melakukan studi banding dalam rangka menambah ilmu tentang manajemen pemeliharaan sapi potong di Lolitsapi.

Rombongan sampai di Lolitsapi pukul 10.00 WIB dan langsung menuju kandang percobaan Lolitsapi bersama tiga orang narasumber; yaitu Sugiyane Mahaputera, Didiek Eko Wahyono dan Jauhari Efendy. Selama di kandang peternak mengamati model kandang, jenis sapi dan manajemen pemeliharaan. Selain itu juga dilakukan diskusi berbagai hal tentang sapi potong bersama para narasumber.

Yang sedikit berbeda dari kunjungan tamu-tamu pada umumnya adalah dalam kesempatan tersebut rombongan juga membawa kameramen dari perusahaaan televisi swasta yang ada di Jawa Timur yaitu JTV (Jawa Pos Televisi) guna mendokumentasikan kegiatan studi banding tersebut. Selanjutnya, direncanakan liputan hasil studi banding ke Lolitsapi tersebut akan ditayangkan dalam program “Sopo Deso”.  

Kegiatan dilanjutkan di Aula Bos sondaicus bersama Kepala Lolitsapi Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa cukup banyak rumpun sapi potong lokal Indonesia yang potensial untuk dikembangkan karena sudah memiliki daya adaptasi yang baik terhadap kondisi iklim di Indonesia. Akan tetapi saat ini terdapat kecenderungan peternak lebih tertarik untuk memelihara sapi silangan karena secara ekonomi lebih menguntungkan. Padahal secara performans sapi potong lokal lebih baik daripada sapi silangan dalam hal kualitas daging dan persentase karkas.

 


ZONA INTEGRITAS

UGP
WBK
Play Pause

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday175
YesterdayYesterday131
This_WeekThis_Week436
This_MonthThis_Month5035
All_DaysAll_Days7063

 


(by AWStats )

5173
View Pages
35302
Hits

Kunjungi media sosial kami :