Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Budidaya Sapi Potong Berbasis Agroekosistem Perkebunan Kelapa Sawit

Pada tahun 2014, Pemerintah bertekad dapat berswasembada daging sapi dan kerbau  yang berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan tersebut Kementrian Pertanian sedang melaksanakan program yang di kenal dengan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau Tahun 2014 (PSDSK-2014). Upaya untuk mencukupi kebutuhan daging sapi secara nasional harus dipenuhi dari ketersediaan sapi bakalan.  Jumlah sapi betina produktif, peningkatan efesiensi reproduksi, menekan laju mortalitas, dan menekan pemotongan sapi betina produktif akan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan sapi  bakalan yang saip digemukkan. Sapi bakalan yang dihasilkan akan menunjukkan performa yang baik apabila dilakukan usaha pembibitan yang menerapkan prisip-prinsip pembibitan yang baik. Namum demikian kelayakan usaha budidaya sapi lebih rendah dibandingkan usaha penggemukan, sehingga diperlukan upaya-upaya efesiensi usaha budidaya dan pembibitan sapi.

Salah satu upaya untuk meningkatkan efesiensi usaha pengembangbiakan dan pembibitan, yang untuk selanjutnya disebut dengan usaha budidaya, adalah dengan melakukan integrasi usaha budidaya sapi dengan usaha pertanian. Salah satu peluang sistem integrasi yang dapat menampung usaha budidaya sapi potong adalah dengan perkebunan kelapa sawit yang luasnya hampir mencapai 9 juta hektar. Sistem integrasi Sapi-Kelapa Sawit (SISKA) merupakan salah satu jawaban pengembangan budidaya sapi, dengan menerapkan optimalisasi pemanfaatan inovasi  teknologi terkait.

Pusat Penelitian dan  Pengembangan Peternakan melalui kegiatan Penguatan Model Pengembangan Integrasi Sapi-Sawit  Tahun 2012, telah menyusun buku Panduan “Budidaya Sapi Potong Berbasis Agroekosistem Perkebunan Kelapa Sawit”,  dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang budidaya sapi potong dengan pendekatan SISKA.  Diharapkan buku ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan usaha budidaya sapi potong terutama di wilayah dengan basis agroekosistem perkebunan kelapa sawit.  Penghargaan setinggi-tingginya disampaikan kepada Tim Penyusun dan Penyunting, serta ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga selesainya buku ini.  Semoga buku ini dapat berguna bagi para pembaca untuk pengembangan sapi potong di Indonesia.


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday10
YesterdayYesterday212
This_WeekThis_Week222
This_MonthThis_Month5069
All_DaysAll_Days57572

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :