28Juni2017

Lolitsapi

Anda disini: Beranda >> Publikasi >> Petunjuk Teknis
bannerslider
bannerslider3

Petunjuk Teknis Loka Penelitian Sapi Potong Petunjuk Teknis

Buku Panduan Pelaksanaan Pengadaan dan Distribusi Bahan Pakan Ternak di UPT Balitbangtan

Pengadaan dan distribusi bahan pakan ternak adalah merupakan proses yang harus dikerjakan secara cermat dan efektif; karena merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilalui melalui mekanisme yang jelas, terarah, terukur, dan tercatat. Keterlambatan proses pengadaan dan distribusi bahan baku dan menurunnya kualitas bahan pakan yang dipesan dan disajikan ke ternak, mengakibatkan menurunnya produktivitas ternak.

Panduan ini diharapkan mampu menjadi petunjuk dan akselerator dalam proses pengadaan bahan pakan ternak, yang dimulai dari pemesanan oleh user, proses administrasi, komitmen penyedia dan pejabat pengadaan, waktu kedatangan bahan pakan, evaluasi jumlah dan mutu hingga distribusinya ke ternak.

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 838
Unduh Pada gambar

Manajemen Perkawinan Sapi Potong

Dalam rangka menghadapi swasembada daging sapi tahun 2010 diperlukan peningkatan populasi sapi potong secara nasional dengan cara meningkatkan jumlah kelahiran pedet dan calon induk sapi dalam jumlah besar. Untuk mendukung peningkatan populasi tersebut terutama pada usaha peternakan rakyat dieprlukan suatu teknologi tepat guna spesifik lokasi sesuai dengan kondisi egroekosistem dan kebutuahn pengguna yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Selengkapnya: Manajemen Perkawinan Sapi Potong

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 1168

Pemanfaatan Bensin sebagai Bahan Pengganti Ekstraksi pada Analisis Kadar Lemak

Benzene adalah senyawa aromatic,tersederhana, pertama kali diisolasi oleh Michael Farady dari residu berminyak yang tertimbun dalam pipa induk gas di London. Sumber utama benzene adalah alkyl benzena ( toluene,xilena,etil benzene). Sampai tahun 1904 benzene diperoleh dari ter batu bara, sekarang diperoleh dari fraksi nafta hasil penyulingan bertingkat petroleum atau 2-gasolin hasil pirolisis solar.

Selengkapnya: Pemanfaatan Bensin sebagai Bahan Pengganti Ekstraksi pada Analisis Kadar Lemak

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 575

Pembibitan Sapi Potong Berbasis Sawit di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah

Pendampingan teknologi dilakukan dalam rangka mengoptimalkan potensi wilayah di lingkungan perkebunan dan pabrik kelapa sawit kecamatan Parenggean kabupaten Kotawaringin Timur dan Kecamatan Arut Selatan kabupaten Kotawaringin Barat pada Program Pengembangan Ternak Sapi Potong.

Download (Unduh File)

 

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 542

Pembuatan Kompos Berbahan Kotoran Sapi

Kompos merupakan pupuk organik yang berasal dari sisa tanaman dan kotoran hewan yang telah mengalami proses dekomposisi atau pelapukan. Selama ini sisa tanaman dan kotoran hewan tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai pengganti pupuk buatan. Kompos yang baik adalah yang sudah cukup mengalami pelapukan dan dicirikan oleh warna yang sudah berbeda dengan warna bahan pembentuknya, tidak berbau, kadar air rendah dan sesuai suhu ruang.

Selengkapnya: Pembuatan Kompos Berbahan Kotoran Sapi

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 766

Pemeliharaan dan Penyapihan Pedet Sapi Potong

Secara umum, kematian pedet pada peternakan rakyat masih tinggi yaitu mencapai 30% dimana salah penyebabnya adalah karena tidak tepatnya proses penyapihan, tingginya konsumsi bahan pakan berserat tinggi seperti rumput dan beberapa jenis hijauan lainnya.

Selengkapnya: Pemeliharaan dan Penyapihan Pedet Sapi Potong

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 679
Pejantan Pemacek

Pemeliharaan Sapi Pejantan Pemacek

Pada umumnya sapi jantan yang digunakan sebagai pejantan alami (pemacek) terutama di peternakan rakyat kualitasnya rendah dan dipelihara secara ekstensif tanpa perlakuan khusus sehingga berpengaruh terhadap libido dan kualitas semen.

Pemilihan sapi pejantan sebagai pemacek sering dirasa sulit, karena diperlukan pengetahuan, pengalaman dan kriteria dasar.

Selengkapnya: Pemeliharaan Sapi Pejantan Pemacek

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 2441

Penanganan Gangguan Reproduksi pada Sapi Potong

Keberhasilan reproduksi akan sangat mendukung peningkatan populasi sapi potong.  Namun kondisi sapi potong di usaha peternakan rakyat, hingga saat ini sering dijumpai adanya kasus gangguan reproduksi yang ditandai dengan rendahnya fertilitas induk, akibatnya berupa penurunan angka kebuntingan dan jumlah kelahitan pedet.

Selengkapnya: Penanganan Gangguan Reproduksi pada Sapi Potong

  • Ditulis oleh Administrator
  • Dilihat: 1313