Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Petunjuk Teknis Perkandangan Sapi Potong

Kebutuhan  daging sapi potong  secara nasional  setiap tahun terjadi peningkatan, akan membawa dampak negatif terhadap  kemampuan produksi dan perkembangan populasinya.  Kemampuan produksi daging sapi potong  tahun 2006 mencapai 290,56 ribu ton,  sementara kebutuhan daging sapi mencapai 410,9 ribu ton  dengan tingkat konsumsi sebesar 1,84 kg/kapita/tahun atau mengalami defisit sebesar 29,3 %.  Sedangkan pertumbuhan sapi potong pada  tahun  yang sama mencapai sebesar 1,22 % dari populasi yang diprediksikan  sebesar 10,8 juta, belum mencukupi kebutuhan daging dengan tingkat defisit sebesar 1,6 juta ekor (14,5 %) dari populasi  12,4 juta ekor.

Upaya pemerintah Cq. Dirjen Peternakan telah mencanangkan swasembada daging sapi tahun 2010, dengan predeksi sebesar 90 - 95 % kebutuhan dipasok dalam negeri dan  5-10 % impor dari luar negeri.  Untuk mendukung program tersebut diperlukan talaksana pemeliharaan sapi potong melalui inovasi teknologi perkandangan.

Tatalaksana perkandangan merupakan salah satu faktor produksi yang belum  mendapat perhatian dalam usaha peternakan sapi potong  khususnya peternakan  rakyat.  Kontruksi kandang belum sesuai dengan  persyaratan teknis  akan mengganggu produktivitas ternak,  kurang efisien dalam penggunaan tenaga kerja  dan berdampak terhadap lingkungan sekitarnya. Kondisi kandang belum  memberikan keleluasaan, kenyamanan dan kesehatan  bagi ternak.

Beberapa persyaratan  yang diperlukan dalam mendirikan kandang antara lain (1) memenuhi persyaratan kesehatan ternaknya, (2)  mempunyai ventilasi  yang baik, (3) efisiensi dalam pengelolaan (4) melindungi ternak dari pengaruh iklim dan keamanan kecurian (5) serta  tidak berdampak terhadap  lingkungan sekitarnya.  Konstruksi kandang harus kuat dan tahan lama, penataan dan perlengkapan kandang  kandang  hendaknya dapat memberikan kenyamaman  kerja  bagi  petugas dalam dalam proses produksi seperti memberi pakan, pembersihan,  pemeriksaan birahi dan penanganan kesehatan. Bentuk dan tipe kandang hendaknya disesuaikan dengan lokasi berdasarkan agroekosistemnya,  pola atau tujuan  pemeliharaan dan  kondisi fisiologis ternak.

Petunjuk teknis perkandangan sapi potong ini memuat  beberapa tipe / macam kandang berdasarkan  bentuk dan fungsinya serta berdasarkan  tujuan atau pola pemeliharaannya.


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday6
YesterdayYesterday212
This_WeekThis_Week218
This_MonthThis_Month5065
All_DaysAll_Days57568

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :