Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Petunjuk Teknis Pemanfaatan Bensin Sebagai Bahan Pengganti Ekstraksi Pada Analisis Kadar Lemak

Benzene adalah senyawa aromatic,tersederhana, pertama kali diisolasi oleh Michael Farady dari residu berminyak yang tertimbun dalam pipa induk gas di London. Sumber utama adalah benzene alkyl benzena (toluene,xilena,etil benzene) Sampai tahun 1904 benzene diperoleh dari ter batu bara, sekarang diperoleh dari  nafta hasil penyulingan bertingkat petroleum atau 2-gasolin hasil pirolisis solar.

Perkembangan industri pertanian yang pesat, khususnya  industri pakan ternak pada akhir-akhir ini telah mendorong  meningkatnya kebutuhan akan analisis bahan pakan. Analisis lemak kasar merupakan salah satu komponen dari rangkaian analisa proksimat  yang sering dilakukan pada analisis bahan pakan ternak. Analisis lemak kasar dan bagian-bagian lain yang ikut larut dalam pelarut  petroleum benzene, petroleum eter  hexane (trigliserida), phospholipia, asam-asam lemak bebas, sterolsterol, pigmen, karotin, khlorofil dan malam (Sorayah , dan Darwinsyah, 1984). Pada proses analisis lemak diperlukan reagent utama sebagai pengekstrak lemak dari bahan analisis, yaitu petroleum benzine pa. Berdasarkan pengalaman, pengadaan petroleum benzine pa merupakan kendala utama pada analisis lemak kasar karena sulit didapatkan (sekitar empat minggu) dan harganya cukup mahal dibanding bahan kimia lain. Harga per liter petroleum benzine pa dengan titik didih 40 C  60 C bisa mencapai Rp 694.600,00 (Merck, 2007).

Kenyataan tersebut memicu inisiatif untuk mencari alternatif bahan lain yang mudah didapat dan mempunyai kriteria bahan serta fungsi yang sama dengan petroleum benzine pa Pilihan jatuh pada bensin premium, setelah dilakukan penyulingan terhadap bahan tersebut, hasil penyulingannya kemudian digunakan sebagai pengganti petroleum benzine pa untuk mengekstraksi lemak dan dapat menekan biaya analisis hingga 50 % serta tidak mengurangi kualitas hasil (Sriyana,2005).

Tujuan penulis menyajikan tulisan ini adalah memberika informasi dan mengembangkan teknik penyulingan bensin premium sehingga hasil penyulingannya dapat dimanfaatkan sebagai bahan gekstrak dalam analisis kadar lemak kasar dengan menggunakan metoda Soxkhlet yang dimodifikasi.


ZONA INTEGRITAS

http://sigap-upg.pertanian.go.id/
http://www1.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday6
YesterdayYesterday212
This_WeekThis_Week218
This_MonthThis_Month5065
All_DaysAll_Days57568

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :