Lolitsapi Jalin Kerjasama Pengembangan Bibit Sapi Potong dengan SMKN 5 Jember

Pasuruan – Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) melakukan kerjasama pengembangan bibit sapi potong dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 5 Jember. Dalam hal ini, Kepala SMK N 5 Jember Sofyan Hadi Purwanto, SE, MT menerima sebanyak 7 (tujuh) ekor rumpun sapi Peranakan Ongole (PO) dengan rincian 1 (satu) ekor pejantan dan 6 (enam) ekor induk.

Adapun sapi kerjasama tersebut akan dipelihara dan dikembangkan di Kandang Kelompok SMK N 5 Jember dalam rangka mendukung program pembelajaran teknologi pembibitan sapi potong bagi siswa/i maupun guru SMK N 5 Jember.

Dr. Dicky Pamungkas, M.Sc selaku Kepala Lolitsapi mengungkapkan harapannya bahwa lewat kerjasama pengembangan bibit sapi potong ini dapat menjadi media edukasi bagi siswa/guru SMK N 5 Jember untuk lebih mengenal karakter usaha sapi potong secara nyata terkait dengan sistem agribisnis dan pengembangannya. “Semoga ini bisa bermanfaat, mari terus berkomunikasi. Apabila memerlukan bimbingan teknis, atau ada masalah kami siap membantu,” ujar Dikcy.

Senada dengan Dicky, Jauhari Efendy, S.Pt, M.Si selaku Petugas Jaslit mengatakan bahwa Lolitsapi akan terus memantau perkembangan sapi potong kerjasama tersebut. “Setahun dua kali akan kita lihat perkembangannya, kita monitoring terus,” ujar Jauhari. Dalam serah terima kerjasama pengembangan bibit sapi potong kali ini, turut mendampingi pula Kepala Kandang drh. Dicky M Dikman, dan guru bidang studi Ruminansia SMK N 5 Jember.