Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Ke Loka Penelitian Sapi Potong

Grati , Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH., MSi., MH didampingi staf ahli menteri, Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry, wakil ketua komisi IV DPR RI H. Hasan Aminudin serta hadir juga untuk mendampingi  mentan adalah wakil Bupati Kab. Pasuruan KH. A. Mujib Imron, perwakilan gubernur JATIM, beberapa UK/UPT Balitbangtan, Dinas Pertanian Kab. Pasuruan, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur serta MUSPIKA Grati turut berpartisipasi pada acara tersebut. Jumlah tamu yang ikut serta dalam acara tersebut kurang lebih adalah 200 orang.

Acara diawali dengan makan siang bersama di ruang aula Lolitsapi dan disela-sela acara makan siang Lolitsapi menampilkan vidio tentang profil Lolitsapi dan teknologi unggulan yang telah dihasilkan di Lolitsapi Balitbangtan. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke kandang percobaan Lolitsapi. Pada pertemuan ini Kepala Lolitsapi menyampaikan profil kandang percobaan dan salah satu kegiatan penelitian di Lolitsapi adalah persilangan antara sapi PO dengan belgian blue dengan cara inseminasi buatan. Sapi PO akseptor belgian blue di Lolitsapi telah melahirkan 8 ekor pedet (1 ekor hasil TE dan 7 ekor hasil IB). Pada kesempatan hari ini Menteri Pertanian diminta untuk memberikan  nama  pada 3 ekor pedet turunan belgian blue yang lahir pada bulan Oktober dan Nopember 2019. Tiga nama yang diberikan oleh Mentan masing-masing adalah Sayang SP2, Bintang SP2 dan Bilang SP2.

 

Dari hasil diskusi yang dilakukan di Kandang Percobaan Lolitsapi bahwasannya Mentan ( Syahrul Yasin Limpo) memastikan bahwa sapi yang dikelola dengan manajemen yang tepat adalah potensi sangat besar yang kita miliki. Dengan melihat populasi sapi potong yang ada di Lolitsapi cukup banyak (sekitar 1000 ekor) selanjutnya dapat dijadikan indukan dan dimanfaatkan untuk  pelestarian sapi potong dengan menggunakan program IB. Contohnya pembiayaan menggunakan KUR untuk perbibitan dengan melibatkan sektor perbankan gulirkan KUR. Tatkala 100 indukan sapi diajarkan IB dan berhasil bisa dipastikan akan menghasilkan pedet lahir sekitar 200 ekor di tahun depan. Rencana ke depan akan dilakukan alokasi bantuan daging atau sapi yang ada di Indonesia  melalui bupati, anggota DPR, Babinsa dan Babinkamtibmas dikarenakan pihak-pihak tersebut dirasa lebih disiplin .“kata Syahrul YL”. Beliau juga memaparkan bahwasannya Tengkulak lebih agresif sehingga  kita tidak boleh kalah untuk mengakomodir semisal dengan prom KUR.


ZONA INTEGRITAS

https://www.pertanian.go.id/wbs/
https://lolitsapi.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/homepage/zona-integritas#
https://www.pertanian.go.id/wbs/
Play Pause

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday21
YesterdayYesterday73
This_WeekThis_Week21
This_MonthThis_Month1034
All_DaysAll_Days382856

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :