Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Workshop Good Breeding Practice Dinas Peternakan Jawa Timur

Peningkatan pengembangan Sumber daya genetic sapi lokal telah dilakukan dalam kurun waktu 10 terakhir ini sebagai upaya menunjang percepatan peningkatan populasi ternak yang pada akhirnya akan mememnuhi target swasembada daging dan rintisan ekspor.

Perkembangan populasi ternak tidak terlepas dari aspek perbibitan. Benih dan bibit merupakan salah satu sarana porduksi yang memiliki peran penting dan strategis dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas ternak. Peningkatan prduksi dan produktivitas ternak dapat tercapai apablia peternak mampu melaksanakan Good  Breeding PractiseBerdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur2020 no 914/286/203.2/2019 Program Optimalisasi Perbibitan, Pakan dan Produksi Peternakan pada pengendalian dan pengawasan perbibitan ternak, maka dilaksanakan workshop Good Breeding Practice (GBP) ternak di Hotel Aston Inn-Batu pada Kamis – Jumat, tanggal 12 – 13 Maret 2020. Hadir Kepala Loka Penelitian Sapi Potong Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc. sekaligus menjadi narasumber. 

Workhsop bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam penerapan GBP sapi potong, sapi perah, kambing dan domba di masyarakat utamanya kelompok penerima bantuan ternak tahun 2019 dan calon penerima bantuan ternak tahun 2020. Audiens sebanyak 50 orang yang terdiri dari Peternak Calon Penerima Hibah Sapi, Kambing, dan Itik, serta beberapa petugas Inseminator/petugas teknis peternakan kecamatan beberapa kabupaten di Jawa Timur.

Agenda hari-1 adalah penyampaian (1) sinergitas antar pemangku kepentingan (stakeholder) dalam meewujudkan pembangunan sub sector peternakan melalui pengembangan perbibitan di Jawa Timur, (2) Good Breeding Practise dan Uji Performans Sapi Potong, (3) Penandatanganan NPHD dan Perjanjian Kelompok Calon Penerima Hibah ternak tahun 2020. Sedangkan agenda hari ke-2 adalah (1) GBP Sapi Perah dan manajemen pakan ternak, dan (2) kunjungan Lapang ke kelompok ternak Sri Gading di Kec. Dau Kab. Malang.

 Sehubungan dengan GBP sapi potong dan Uji Performans, disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pedoman Pengelolaan Perbibitan untuk ternak sapi potong yang baik (GBP) telah diatur dalam Permentan 54/2006; sedangkan Uji Performans merujuk pada peraturan Dirjen Peternakan No.73/PD.410/F/06/2007 tentang Petunjuk Teknis Uji Performans Sapi Potong Nasional.
  2. Ruang Lingkup GBP antara lain: Sarana dan Prasarana, Proses Produksi Bibit, Pelestarian Lingkungan, dan Monitoring/Evaluasi Pelaporan.
  3. Uji Performans merupakan metode pengujian untuk memilih bibit ternak berdasarkan sifat kualitatif dan kuantitatif meliputi pengukuran, penimbangan, dan penilaian. Tahapan uji performan meliputi: persiapan, pengukuran dan pencatatan ternak, pengujian (dilakukan pada sapi lulus seleksi) , dan memilih/Seleksi (Calon Induk dan Calon Pejantan).
  4. Terkait GBP, sarpras meliputi : Lokasi lahan, sumber air, bangunan dan peralatan, Bibit, Pakan, Obat, dan SDM; sedangkan proses produksi bibit meliputi : pemeliharaan, produksi, seleksi bibit, perkawinan, replacement stock, Culling, recording, Persilangan, Sertifikasi, dan Kesehatan Hewan.

Kontributor : Dicky Pamungkas


Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday57
YesterdayYesterday77
This_WeekThis_Week361
This_MonthThis_Month1264
All_DaysAll_Days390017

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :