Sosialisasi Kostratani di Kab. Bangkalan dan Sampang Madura

 

Sosialisasi Kostratan di Kabupaten Bangkalan dihadiri oleh Kepala  Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Bangkalan, Kasubag, Kasie, Penyuluh, Operator Kostratan dan staf terkait. Acara dibuka oleh Kepala Dinas, dilanjutkan penyampaian materi oleh tim Puslitbangnak Ratna Ayu S, Ph.D. dan Lolitsapi Dr. Peni Wahyu P. Sedangkan acara sosialisasi di Kabupaten Sampang dilakukan di kantor BPP Banyuasih. Acara di Banyuasih dihadiri oleh Kabid dan penyuluh di BPP Banyuasih dan tim Medik Veteriner di BPP Banyuasih.

Materi yang disampaikan tentang Kostratan untuk BPP Kabupaten Bangkalan meliputi definisi, peran, tahapan pembentukan BPP, jenis data yang harus diinput dan dilanjutkan dengan praktek cara mengisi di aplikasi berikut penjelasan atas menu menu di aplikasi Kostratan, disusul diskusi dan tanya jawab  Acara ditutup oleh pak Kadis.

Masing-masing Kostratan harus mengisi data-data sesuai dengan arahan dari Badan SDM per bulan Agustus meliputi data Komoditas prioritas (pajale, bawang merah, bawang putih) dan kegiatan BPP; selanjutnya pada bulan September Kostratan harus menginput data Komoditas prioritas (pajale, bawang merah, bawang putih, sapi), kegiatan BPP dan Tenaga Kerja;

Pada Oktober Kostratan harus menginput data Komoditas prioritas (pajale, bawang merah, bawang putih, sapi, cabai besar, cabe rawit), kegiatan BPP, tenaga kerja, alsintan dan penurunan loses; pada Nopember Kostratan harus menginput data Komoditas prioritas (pajale, bawang merah, bawang putih, sapi, cabai besar, cabe rawit), kegiatan BPP dan Tenaga Kerja dan Alsintan, harga pasar dan penurunan loses. Catatan untuk masing-masing BPP pada saat menginput data/angka pada aplikasi Kostratan harus sinkron dengan PJ Kabupaten.