Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Bimbingan Teknis Inovasi Teknologi Budidaya Sapi Potong di Kab. Bojonegoro

Bojonegoro (25/3) – Loka Penelitian Sapi Potong bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bojonegoro menyelenggarakan Bimbingan Teknis Diseminasi Inovasi Teknologi Budidaya Sapi Potong di Gedung Pertemuan Dinas Peternakan Perikanan Kab. Bojonegoro pada Kamis, 25 Maret 2021. Bimtek dibuka langsung Bupati Bojonegoro Dr. Hj. Anna secara virtual.

Anna Muawanah mengungkapkan bahwa penambahan populasi sapi potong menjadi konsen pemerintah dengan melaksankaan berbagai terobosan. “Pertama memberikan IB gratis bagi peternak,” ujarnya.

Terobosan selanjutnya yang dilakukan yaitu peningkatan kualitas indukan, program hulu hilir usaha sapi potong, inovasi menjual sistem karkas, mengendalikan pemotongan betina produktif dan menjaga plasma nutfah sapi Peranakan Ongole di Indonesia.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bojonegoro Drh. Catur Rahayu, M.Si. mengatakan bahwa Bimtek dilaksanakan untuk mendukung program padat karya Badan Litbang Pertanian untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan semangat peternak sapi potong hasil inovasi Lolitsapi sehingga akan meningkatkan produktivitas usaha tani ternak.

“Diikuti oleh 70 orang terdiri dari semua kelompok budidaya sapi potong di wilayah sumber bibit, kelompok yang masuk Asosiasi Peternak Sapi PO Bojonegoro (KEPO BOJO),” ujarnya.

Bojonegoro wilayah sumber bibit sapi PO, menempati urutan kedua populasi sapi PO. Lolitsapi Grati sebagai Balitbangtan memiliki tugas menghasilkan inovasi bibit unggul sapi PO. “Diharapkan dengan adanya antara Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bojonegoro dengan Lolitsapi akan bisa mengembangkan wilayah bibit sumber PO diwilayah lain, serta potensi plasma nutfah sapi PO sehingga menjadi sumber bibit skala nasional berstandar SNI sehingga dapat meningkatkan harga sapi PO,” jelasnya.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bojonegoro telah melakukan uji performans, memfasilitas pembentukan wadah organisasi kelompok pembibit sapi PO, dan pembinaan kelompok untuk bisa mengembangkan mulai dari pembibitan hingga pasca panen.

Pemateri dalam Bimtek kali ini adalah Muchamad Luthfi, M.Si., Yeni Widyaningrum, M.Si., Alif Shabira Putri, S.Pt., Retno Widiyawati, S.Pt., dan Frediansyah Firdaus, S.Pt.

Materi yang diberikan yaitu Dukungan Teknologi Reproduksi pada Usaha Peternakan Sapi Potong, Dukungan Nutrisi dan Teknologi Pakan pada Usaha Peternakan Sapi Potong, Budidaya Legum Indigofera sebagai Tanaman Pakan Ternak Bernutrisi Tinggi, Manajemen Kesehatan Hewan.


Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday61
YesterdayYesterday77
This_WeekThis_Week365
This_MonthThis_Month1268
All_DaysAll_Days390021

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :