Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Bimbingan Teknis Budidaya Sapi Potong Secara Cerdas di Kab. Lombok Timur

Lombok Timur (31/3) – Loka Penelitian Sapi Potong bekerjasama dengan BPTP NTB dan Dinas Peternakan Kab. Lombok Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis Budidaya Sapi Potong Secara Cerdas bertempat di Kelompok Tani Ternak Kebon Telaga, Pringgasela Timur, Pringgasela, Lombok Timur. Bimtek diikuti oleh 35 orang peternak dan dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan Lombok Timur, Kepala BPTP NTB, tim peneliti dan penyuluh.

Mayar SP., Koordinator TU Lolitsapi saat memberikan sambutan mengatakan bahwa Bimtek dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, inovasi dan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

M Sareh, Ketua KTT Kebon Telaga mengungkapkan bahwa kelompok ternak bisa berkembang dengan adanya sentuhan teknologi. Untuk itu, Bimtek yang diselenggarakan sangat baik untuk meningkatkan pengembangan usaha ternak pada kelompok tani ternak. “Perkembangan yang bisa dilihat pada kelompok tani ternak mulai dari sapi, perkandangan, pengelolaan kompos dan media tanam hasil dari ilmu dan pengetahuan yang diberikan,” ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan drh. H. Achsan, M.SI.,  Hewan Lotim mengatakan bahwa kami menargetkan bahwa peternak dan petugas dinas di Lotim bisa sama-sama sejahtera. “Permasalahan yang harus dicarikan solusinya untuk meningkatkan kesejahteraan adalah dengan memberikan akses keuangan, meningkatkan akses teknologi, dan memperluas akses pemasaran,” ungkapnya.

Dr. Awaludin Hipi, Kepala BPTP NTB mengungkapkan bahwa NTB saat musim kemarau sulit mendapatkan pakan. Peternak harus memiliki kreativitas dalam menangani permasalahan pakan.

Kelompok tani ternak juga harus berjalanan dengan amanah. “Itulah yang akan membawa majunya kelompok tani. Sehingga kelompok penting untuk musyawarah bersama,” ujarnya.

Materi yang diberikan yaitu Usaha Penggemukan Sapi dengan Sistem KUR oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lotim, Inspirasi Usaha Sapi Potong yang Efisien oleh Ir. Mariyono, M.Si peneliti Lolitsapi, Penanganan Kesehatan dan Reproduksi Sapi oleh Drs. Lukman Affandhy peneliti Lolitsapi.

Usia sholat dzuhur, kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan formula pakan murah untuk sapi dan kunjungan lapang dengan materi praktik penyapihan dan perkawinan, estimasi bobot badan dengan pita ukur dan timbangan, pengukuran skor kondisi tubuh, model perkandangan dan pakan serta media tanam dan kompos.

Tim Lolitsapi yang hadir diantaranya Koordinator TU Mayar, SP., Peneliti Ir. Mariyono, M.SI., Drs. Lukman Affandhy, Muchamad Luthfi, S.Pt., M.P., Frediansyah Firdaus, S.Pt., dan petugas administrasi Alfan dan Febrian Sukmawan.


Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday59
YesterdayYesterday77
This_WeekThis_Week363
This_MonthThis_Month1266
All_DaysAll_Days390019

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :