Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Potensi Jawa Timur untuk Pengembangan Village Breeding Center

Kebutuhan daging sapi masih menjadi isu yang menarik untuk dibahas karena sampai saat ini terjadi defisit antara permintaan dan ketersediaan. Berbagai strategi dan regulasi terus digalakkan oleh pemerintah untuk mewujudkan program swasembada pangan. Salah satu rencana besar Provinsi Jatim adalah membangun lokasi penghasil bibit sapi potong (Village Breeding Center (VBC) ). Harapan kedepannya adalah tersedianya pasokan bibit sapi potong unggul secara kontinyu.

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur menggagas kegiatan koordinasi perbibitan bersama UK/UPT nya di Jawa Timur. Tim Loka Penelitian Sapi Potong turut hadir pada kegiatan ini untuk memberikan materi tentang konsep pengembangan VBC. Dalam paparan tim dari Lolitsapi yang diwakili oleh Dr. Dicky Pamungkas disampaikan bahwa pembangunan VBC tidak jauh berbeda dengan membangun sebuah bisnis yang membutuhkan modal. Modal untuk menjaga ketersediaan pakan, pembangunan kandang, dan perawatan. Hal ini yang menyebabkan diperlukannya sebuah regulasi dari pemerintah untuk dapat meningkatkan nilai jual bibit sapi potong dan juga memberikan bantuan kepada masyarakat untuk program VBC ini.

Lebih lanjut disampaikan beberapa indikator kesuksesan sebuah VBC adalah adanya integrasi dengan tanaman pangan/perkebunan/kehutanan, kemandirian pakan, kebijakan proteksi induk betina produktif, pengembangan SDM, komitmen pemerintah, menggunakan teknologi terkini, dan penerapan Good Breeding Practice.

     


Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday59
YesterdayYesterday79
This_WeekThis_Week443
This_MonthThis_Month2062
All_DaysAll_Days409017

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :