Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Situbondo. Sorgum merupakan tanaman yang cocok ditanam didaerah kering karena mempunyai karakteristik mampu tumbuh dengan baik di daerah yang minim air. Kab. Situbondo dipilih untuk daerah percontohan tanaman sorgum karena lokasinya sesuai dengan karakter tanaman sorgum. Selain untuk produk pertanian sorgum juga mempunyai potensi untuk dijadikan pakan ternak sapi dan kambing.

Konsep kegiatan penelitian yang dilakukan adalah integrasi tanaman sorgum dan sapi. Hasil biji sorgum bisa digunakan untuk alternatif sumber bahan pangan. Batang dan daun sorgum untuk pakan ternak. Teknologi yang diperkenalkan adalah teknologi mekanisasi untuk proses pemanenan. Selain itu teknologi pengolahan batang dan daun sorgum dengan metode cooper dan proses silase agar dapat disimpan saat panen raya sorgum. Kegiatan ini diresmikan oleh Ka. Puslitbangnak Dr. Agus Susanto dihadiri oleh Kadis Peternakan dan Sekda Kab. Situbondo.

Grati. Hari pangan sedunia yang ke 41 di peringati oleh Kementan RI pada tanggal 25 Oktober 2021 dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pemberian santunan untuk fakir miskin dan anak yatim piatu di sekitar lokasi UK/UPT Badan Litbang Pertanian. Loka Penelitian Sapi Potong berpartisipasi dengan memberikan santunan untuk fakir miskin dan anak yatim piatu sebanyak 50 orang yang berada di sekitar kantor dari dua kecamatan. Semangat hari pangan sedunia harus bisa menjadikan rakyat Indonesia dari berbagai lapisan tidak kekurangan pangan termasuk saudara Kita yang kurang beruntung.

Batu, 19 Oktober 2021. Teknologi dan inovasi sapi potong yang dihasilkan Loka Penelitian Sapi Potong ditampilkan pada event Gelar Teknologi Inovatif “Perbenihan Jeruk Bebas Penyakit” di IP2TP Punten Batu, Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh Mentan Syahrul Yasin Limpo yang sekaligus melepas ekspor jeruk purut ke Prancis dan Belanda. Selain itu program diseminasi bibit jeruk untuk petani juga dilepas secara resmi oleh mentan. Mentan menyampaikan bahwa dukungan pemerintah terus diberikan agar produk pertanian terus meningkat untuk ekspor bahkan harus tiga kali lipat dari sekarang.

Beberapa teknologi yang ditampilkan pada pameran ini diantaranya pengolahan limbah sapi potong dalam bentuk pupuk cair yaitu bio-urine dan kompos feses sapi yang siap digunakan. Teknologi manajemen pemeliharaan sapi potong seperti kandang kelompok model Litbangtan, pemilihan ransum pakan murah, aplikasi android untuk manajemen recording (SIDIK Peternakan), pendugaan bobot badan sapi (SIboba), cek kebuntingan sapi (Sicebun), dan sapi potong lokal unggul Pogasi Agrinak.

Beberapa foto kegiatan.

 

Sampang. Usaha pelestarian plasma nutfah sapi potong di pulau madura terus ditingkatkan oleh pemerintah. Hal ini dilakukan agar peternak tetap semangat dalam memelihara sapi potong asli pulau madura yaitu sapi madura. Dukungan nyata dalam bentuk Bimtek ( Bimbingan Teknis) tentang manajemen pemeliharaan sapi madura diadakan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian. Hal ini bertujuan agar pengetahuan peternak semakin luas dan dapat mengaplikasikan teknologi praktis dalam memelihara sapi madura.

Narasumber dari Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) yang memberikan bimbingan adalah Dr. Yenny Nur A dengan materi Penyusunan Pakan Sapi Potong Secara Efisien Serta Upaya Peningkatan Kesehatan Ternak dan Jauhari Effendy, S.Pt., M.Si dengan materi Strategi dan Prospek Pengembangan Sapi Lokal Madura di Kabupaten Sampang. Selain itu juga hadir narasumber dari anggota DPR RI komisi IV bidang pertanian Slamet Ariyadi, S.Psi yang memberikan arahan tentang Kebijakan Pembangunan Pertanian.

Bedah Fistula Rumen merupakan bagian dari runtutan kegiatan yang dilakukan untuk mendukung kegiatan Penelitian “Pembentukan Rumput Varietas Unggul Baru Leersia Hexandra melalui Teknologi Radiasi” dan “Produksi Bioaktiv Yeast Saccharomyces Cerevesiae Menunjang Pencapaian Bobot Badan Sapi Pogasi > 400 Kg Umur 24 bulan”.

Kegiatan bedah fistula yang dilaksanakan di Loka Penelitian Sapi Potong telah dilaksanakan pada tanggal 23 dan 30 September serta pada tanggal 14 Oktober 2021 dengan narasumber drh Hendra Legatawa dan drh. Deddy Fachruddin Kurniawan.  Drh Deddy Fachruddin Kurniawan memberikan pembekalan dan prosedur anastesi. Sedangkan drh. Hendra Legatawa yang menjelaskan prosedur bedah, menjadi operator saat pembedahan dan memberikan penjelasan prosedur apa saja saat Post-operasi.

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday15
YesterdayYesterday74
This_WeekThis_Week458
This_MonthThis_Month2015
All_DaysAll_Days395375

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :