Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Cipanas, 9 september 2021. Loka Penelitian Sapi Potong mempunyai produk unggulan inovasi dan teknologi dalam bidang sapi potong. Beberapa hal yang dihasilkan berupa komoditas unggul sapi Pogasi Agrinak yang merupakan sapi potong unggul sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia. Teknologi kandang kelompok model Litbangtan yang meningkatkan efisiensi pemeliharaan dengan meminimalkan penggunaan tenaga kerja. Teknologi lain seperti pengolahan ransum pakan dan aplikasi mendukung industri sapi potong yaitu Aplikasi recording SIDIK Peternakan, SIBOBA pendugaan bobot badan sapi, dan SICEBUN cek kebuntingan. Tidak lupa pula teknologi pengolahan limbah sapi dalam konsep peternakan zero waste dalam bentuk produk kompos feses sapi potong dan biourine.

Semua produk teknologi tersebut ditampilkan pada pameran teknologi Badan Litbang Pertanian Agro Inovasi Fair di Balai Penelitian Tanaman Hias Cipanas kamis 9 september 2021. Kegiatan ini dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang terus memberikan semangat untuk terus meningkatkan nilai ekspor pertanian.

Lolitsapi, Situasi pandemi bukan halangan untuk terus melakukan diseminasi hasil penelitian sapi potong. Melalui bimbingan teknis secara online dengan jumlah peserta yang tidak terbatas dari seluruh Indonesia. Para peneliti Lolitsapi menjadi narasumber untuk memberikan penjelasan detail teknologi hasil penelitian yang telah dilakukan. Kegiatan ini telah dilakukan selama dua bulan setiap 1 minggu sekali pada hari jumat tiap minggu nya.

Beberapa materi yang telah diberikan diantaranya adalah sapi potong unggulan pogasi agrinak, nutrisi pakan ternak yang efisien, peningkatan fertilitas pada sapi potong betina, aplikasi berbasis android pendugaan bobot badan sapi potong, dan aplikasi identifiaksi rerkording ternak yang akan dilaksanankan pada minggu ini.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi stakeholder dalam melakukan pemeliharaan sapi potong yang efektif dan efisien. Selain itu juga memberikan masukan untuk tim peneliti Lolitsapi untuk pengembangan penelitian salanjutnya.

Grati, 28 juni 2021 Loka Penelitian Sapi Potong mempunyai mandat untuk melakukan penyebaran bibit sapi lokal unggul yaitu pogasi agrinak. Hal ini dilakukan agar stakeholder semakin banyak yang mengambil manfaat dari keunggulan sapi pogasi agrinak. Salah satu keunggulan sapi pogasi agrinak adalah tahan terhadap pakan kualitas rendah dan iklim ekstrim yang ada di Indonesia. Selain itu performans sapi induknya juga tetap bisa bereproduksi meskipun dengan pakan kualitas rendah.

Kab. Bojonegoro dan Kab. Pasuruan mempunyai kelompok ternak yang berkomitmen untuk mengembangkan sapi pogasi agrinak. Selain itu juga mengadopsi teknologi kandang kelompok Balitbangtan untuk efisiensi pemeliharaan. Sebanyak 18 ekor sapi pogasi agrinak disebar ke Kab. Bojonegoro dan 10 ekor ke Kab. Pasuruan. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan peternak melalui pola pemeliharaan yang efisien dan pemilihan sapi yang sesuai dengan iklim di Indonesia.

Loka Penelitian Sapi Potong menghasilkan sapi potong unggul PO yang sesuai dengan karakteristik iklim Indonesia. Sapi PO Grati Hasil Seleksi yang disingkat Pogasi Agrinak merupakan sapi PO yang mempunyai performans stabil dengan kondisi pakan kualitas rendah. Kondisi ini sangat cocok dikembangkan di wilayah Indonesia yang rata-rata mempunyai karakter pakan dengan kualitas rendah.

Sosialisasi keunggulan Sapi Pogasi Agrinak kepada masyarakat luas salah satunya melalui bimtek dengan narasumber peneliti Lolitsapi. Bimtek ini dilakukan pada hari jumat 16 juli 2021 secara online via zoom dengan jumlah peserta 440 orang dari seluruh Indonesia. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan masyarakat peternak tentang keunggulan sapi pogasi agrinak dan informasi manajemen pemeliharaan yang efektif dan efisien.

Kegiatan bimtek ini dibuka oleh Ka. Lolitsapi drh. Dikman, dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa dengan bimtek ini diharapkan sapi pogasi agrinak bisa menjadi sapi peternak rakyat. Selain itu juga diharapkan saran dan masukan yang positif terkait bimtek ini untuk kemajuan peternakan di Indonesia.

Diseminasi Teknologi dan Inovasi Sapi Potong di Pameran Agrotechnovision dan Gelar Inovasi Teknologi Akabi

 

Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) melakukan diseminasi teknologi dan inovasi sapi potong di dua gelaran pameran yang diadakan oleh BPTP Jatim tanggal 23-25 Juni 2021 dan IP2TP muneng tanggal 26 Juni 2021. BPTP Jatim menghadirkan tema “Agrotechnovision dan Festival Tempe” yang mengangkat teknologi Balitbangtan di Jatim dan memamerkan produk olahan tempe. IP2TP Muneng merupakan kebun percobaan Balai Penelitian Kacang dan Umbi dengan mengambil tema “ Gelar Inovasi Teknologi Akabi” yang menghadirkan teknologi prodik pertanian tanaman kacang dan umbi serta peresmian kebun percobaan IP2TP oleh Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Beberapa produk teknologi Lolitsapi yang ditampilkan seperti teknologi kandang kelompok model Balitbangtan, produk suplementasi pakan, bahan pakan ternak murah, produk kompos dan biurine, ternak unggulan sapi pogasi agrinak, serta teknologi yang lain dalam bentuk lefleat. Pengunjung juga dapat melihat langsung produk sapi potong yang dipamerkan yaitu sapi pogasi agrinak, sapi bali, sapi madura, dan sapi persilangan belgian blue dengan sapi PO.

Pada kesempatan ini Menteri pertanian juga mengunjungi stand pameran Lolitsapi dan melihat langsung produk sapi potong yang dipamerkan dengan didampingi Ka. Lolitsapi. Selain itu juga dilakukan penandatangan MoU Lolitsapi dengan stakeholder yaitu BBIB Singosari dan Puspenerbal TNi AL.

Beberapa foto kegiatan :

  

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday62
YesterdayYesterday77
This_WeekThis_Week366
This_MonthThis_Month1269
All_DaysAll_Days390022

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :