Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Grati (25 Mei 2022) Program Magang MBKM yang diikuti oleh 10 orang Mahasiswa/i Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako tidak terasa sudah akan berakhir di Lolitsapi. Magang MBKM yang mereka ikuti mulai tanggal 3 Februari s/d 30 Mei 2022 kurang lebih 4 bulan tinggal memasuki tahap presentasi. Siang ini tepatnya tanggal 25 Mei 2022, mereka  melaksanakan Presentasi hasil magang yang telah dilakukan. Ada hal baru dalam pelaksanaan presentasi kali ini, dimana yang biasanya presentasi hanya diikuti oleh para Peneliti dan Teknisi, akan tetapi kali ini diikuti juga dari pihak Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako dan dilaksanakan secara virtual.

Pelaksanaan Presentasi secara virtual kali ini dari Pihak Kampus dihadiri oleh Dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako beserta jajarannya, dan dari Lolitsapi juga dihadiri oleh Kepala Lolitsapi. Sambutan awal disampaikan oleh  Dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako, beliau mengucapkan  terima kasih yang sebanyak banyaknya kepada pihak Lolitsapi atas kerjasamanya yang telah menerima 10 orang Mahasiwa/i untuk melaksanakan magang di Lolitsapi. Semoga pengetahuan ilmu dan praktek yang mereka dapatkan selama magang dapat memberikan pengalaman yang berharga yang selama ini tidak mereka dapatkan di kampus. Kedepannya semoga kerjasama yang telah terbina ini dapat tetap berkelanjutan dan nantinya diharapkan Lolitsapi dapat menerima kembali Mahasiswa dari Universitas Tadulako untuk melaksanakan Magang MBKM di Lolitsapi. Permohonan Maaf juga disampaikan Dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan apabila selama kegiatan magang tersebut ada kesalahan yang telah dilakukan oleh Mahasiswa yang melaksanakan magang di Lolitsapi.

Dalam sambutan selanjutnya Kepala Loka Penelitian Sapi Potong menyampaikan terima kasih kepada Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako yang telah melaksanakan magang di Lolitsapi dan telah banyak membantu kegiatan baik di kandang percobaan maupun di kebun percobaan. Pengalaman yang didapatkan semoga dapat bermanfaat dan berguna nantinya setelah selesai magang. Peran serta mereka sangat banyak membantu dalam kegiatan di Lolitsapi, keaktifan selama pembelajaran dan dalam mengikuti kegiatan keagamaan sangat terlihat nyata. Semoga kerjasama antara Lolitsapi dan Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tdulako dapat terjaga dan berkelanjutan dengan baik kedepannya.Acara dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh 2 kelompok.Kelompok 1  mengambil tema ‘Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong di Loka Penelitian Sapi Potong’ dan Kelompok 2 mengambil tema Manajemen reproduksi Pejantan dan Indukan pada Sapi Pogasi di Lolitsapi.

  

Grati 24 Mei 2022. Pada sing kali ini tepatnya hari Selasa, tanggal 24 Mei 2022 dilaksanakan Presentasi Hasil Praktek Kerja Lapang (PKL) Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian – Malang. Mereka menyampaikan hasil Praktek kerja Lapang yang telah mereka lakukan selama kurang lebih 2 bulan terhitung sejak tanggal 27 Maret s/d 27 Mei 2022. Mahasiswa Polbangtan yang melaksanakan PKL di Lolitsapi sebanyak 5 orang terdiri dari : Desi Ayu Rohmawati, Izzarotul Fadhilah, Kadir Rahmat, Muhammad Yogi Pratama, dan Ageng Djoko Tri Prayogo. Mereka secara bergantian menyampaiakan hasil yang mereka dapat selama melakukan PKL di depan Peneliti dan Teknisi Lolitsapi yang hadir.

Presentasi yang disampaikan mengambil judul tentang Manajemen Pemeliharaan Ternak Sapi Potong di Loka Penelitian Sapi Potong. Secara bergantian mereka menyampaikan bagaimana metode awal dalam pembuatan laporan hasil PKL, mulai dari pengambilan data, wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Kegiatan yang mereka paparkan adalah kegiatan yang secara langsung mereka kerjakan baik di kebun percobaan maupun di kandang percobaan. Setelah mereka memaparkan hasil laporannya, banyak sekali masukan dan arahan yang disampaikan oleh peneliti dan teknisi yang diharapkan nantinya dapat menyempurnakan dan membuat laporan tersebut menjadi lebih baik. Semoga kedepannya apa yang telah mereka dapatkan dan pelajari selama pelaksanaan PKL di Lolitsapi membawa pengalaman dan ilmu baru yang belum mereka dapatkan selama di bangku perkuliahan.

 

Grati (23 Mei 2022) Udara pagi yang sejuk dan ditambah dengan sinar matahari yang cerah, membuat suasana Apel Pagi yang diadakan rutin setiap hari Senin terasa khidmat. Apel diikuti oleh seluruh Pegawai Loka Penelitian Sapi Potong dan segenap Mahasiswa/i yang melaksanakan PKL dan Magang Mandiri MBKM di Lolitsapi. Terik sinar matahari tidak menghalangi keseriusan dan khidmatnya peserta Apel Pagi dalam mendengarkan arahan dan instruksi yang disampaikan oleh Kepala Lolitsapi.

Ada hal yang berbeda dalam kegiatan Apel Pagi kali ini, dimana pada akhir menjelang apel selesai, Kepala Lolitsapi mempersilahkan kepada Mahasiswa/i Mahasiswi yang melaksanakan Magang Mandiri MBKM dari Universitas Tadulako dan Mahasiswa/i dari Polbangtan Malang untuk menyampaikan pesan dan kesannya selama mengikuti Magang dan PKL di Lolitsapi. Hal ini dikarenakan mereka sudah akan selesai meelaksanakan kegiatan PKL / magangnya di bulan Mei ini. Dari Mahasiswa Tadulako disampaikan bahwa mereka sangat berkesan dan banyak memperoleh ilmu dan pengalaman yang belum mereka dapat selama ini di Kampus. Apa yang mereka kerjakan dan mereka pelajari selama ini baik di kebun percobaan maupun di kandang percobaan sangat membantu dan memberikan pengalaman tersendiri bagi mereka. Mereka juga menyampaikan bahwa magang yang meraka lakukan selama kurang lebih 4 bulan terhitung sejak 3 Februari s/d 30 Mei 2022 banyak memberikan pengalaman dan  banyak ilmu yang didapatkan. Sedangkan dari Mahasiswa Polbangtan Malang yang telah melaksanakan PKL di Lolitsapi sekitar 2 bulan, mulai 21 Maret s/d 27 Mei 2022 memberikan pengalaman dan banyak sekali ilmu bermanfaat yang didapatkan, karena antara teori yang mereka dapatkan di Kampus dapat langsung diaplikasikan selama masa PKL dilakukan.

Selanjutnya Kepala Lolitsapi berpesan kepada Mahasiswa baik dari Universitas Tadulako ataupun dari Polbangtan Malang, supaya apa yang telah mereka dapatkan di Lolitsapai dapat terus dikembangkan dan digunakan nantinya jika sudah selesai dari perkuliahan dan dapat menerapkan apa yang telah di dapat selama magang di Lolitsapi untuk diterapkan di masyarakat atau nantinya jika sudah bekerja. Terus kembangkan bakat, minat, potensi diri untuk kemajuan diri sendiri atau orang lain.

Grati (24 Mei 2022) Pada hari pagi ini, tepatnya hari Selasa, tanggal 24 Mei 2022 bertempat di Ruang Bos Sondaicus dilaksanakan Presentasi Hasil Orientasi CPNS Lolitsapi TA 2022. Presentasi kali ini dihadiri oleh Kepala Lolitsapi, Kepala Urusan Tatausaha, Koordinator Program, PPK dan para penanggung jawab bagian. Adapun CPNS yang memaparkan hasil mereka selama melaksanakan  orientasi di Lolitsapi adalah : Abdul Rouf, Achmad Chusaini Muzakin, Aprilia Mediawaty, Minarti Ningsih, dan Woro Abdillah. Mereka bergantian satu persatu memaparkan hasil orientasi yang dilakukan selama 2 bulan mulai dari kandang, percobaan, kebun percobaan, perpustakaan dan beberapa bagian yang lainnya.

Dalam pembukaannya, Kepala Lolitsapi mengucapkan terima kasih yang banyak kepada 5 orang CPNS yang telah melaksanakan orientasi di beberapa bagian yang ada di Lolitsapi. Kedepannya, setelah masa orientasi ini diharapkan mereka dapat membawa pembaruan dan perubahan serta membawa angin segar bagi kemajuan Lolitsapi nantinya. Sebagai CPNS nantinya sumbangsih dan kerja kerasnya mampu untuk meningkatkan etos kerja dan mampu memberikan ide ide kreatif yang dapat menunjang kinerja Lolitsapi. Team work yang sudah terbentuk diantara CPNS dapat terus dikembangkan dan dapat membuat team work yang baru dengan para pegawai yang ada di Lolitsapi, sehingga dapat menunjang kinerja yang baik.

Dalam paparannya, para CPNS memaparkan beberapa kegiatan yang telah mereka kerjakan selama masa orientasi, dimulai dari kandang percobaan, kebun percobaan, perpustakaan dan beberapa bagian lain yang ditunjuk. Tujuan dari masa orientasi ini adalah dapat memberikan gambaran bagaimana nantinya mereka akan bekerja sesuai dengan bagian yang mereka pilih. Tanpa orientasi tentunya para CPNS tersebut tidak akan memahami dan mengetahui bagaimana nantinya mereka akan bekerja sesuai dengan tempat bekerjanya. Sehingga harapannya dengan masa orientasi yang selama 2 bulan ini membuka wawasan dan kreativitas mereka dalam mmenunjang kinerja di bagian masing-masing.

Grati (20 Mei  2022) Pada Sholat Jum’at Kali ini yang bertindak sebagai Khatib dan Imam adalah Ustadz Saiful Anwar dan Bilal SatupanKhoiron Nahdiyyin. Dalam awal khutbahnya Khatib mengingatkan untuk selalu meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT dengan tetap menjalankan perintah dan menjauhi larangannya, serta beribadah kepada Allah dengan melaksanakan sholat 5 waktu sesuai perintahnya.

Umat islam sudah selesai melaksanakan ibadah di bulan ramadhan, ibadah yang  boleh dikatakan sebagai ibadah yang berat, karena ibadah tersebut adalah ibadah dalam melawan hawa nafsu kita selama bulan ramadhan. Hal tersebut dikarenakan kita harus dapat menahan hawa nafsu untuk tidak marah, tidak makan dan minum sebelum waktunya, dan hawa nafsu melawan syahwat kita. Alhamdulilah hal itu sudah kita lewati dengan datangnya bulan syawal. Implementasi dari kemenangan tersebut, hendaklah kita dapat terus meningkatkan amal ibadah kita setelah bulan ramadhan, bukan malah ibadah kita menurun atau berkurang setelah ramadhan. Ibadah sunnah setelah sholat fardhu harus kita tingkatkan, baik itu qobliyah maupun ba’diyah, jangan sampai kendor. Puasa sunnah harus tetap dilaksanakan baik itu puasa senin kamis atau puasa sunnah yang lain. Tetapi yang terpenting adalah kewajiban kita selama bulan ramadhan yang belum kita penuhi semisal hutang puasa, hendaknya di bulan setelah ramadhan harus kita lunasi terlebih dahulu. Semoga dengan peningkatan ibadah kita sekarang ini kita dapat mempersiapkan diri nantinya kelak ketika kita dipanggil menghadap yang maha kuasa. Semoga kita semua tergolong kepada hamba Allah yang beriman dan senantiasa patuh terhadap perintah dan menjauhi larangannya. Semoga kita juga diberikan panjang umur, kesehatan lahir dan bathin, sehingga kita dapat dipertemukan lagi dengan bulan ramadhan yang penuh mulia dan penuh ampunan di tahun depan.

Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday6
YesterdayYesterday79
This_WeekThis_Week311
This_MonthThis_Month1930
All_DaysAll_Days408885

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :