Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Lolit Sapi di Grati Sukses Kembangkan Ratusan Ekor Sapi Potong Tiap Tahun

Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi) di Grati sukses mengembangkan sapi peranakan ongol (PO) atau Pogasi, sapi Bali dan Madura hingga Belgian Blue.

Di setiap tahunnya, penambahan populasi dari ketiga bangsa sapi tersebut mencapai 100-150 ekor anakan alias pedet.

Kepala Lolit Sapi Potong, Dicky M.Dikman mengatakan, sampai kini jumlah sapi yang dikembangbiakkan mencapai hampir 1000 ekor, mulai dari pedet, remaja sampai sapi dewasa.  Terperinci, utnuk sapi PO, dari total 379 ekor terdiri dari 200 ekor sapi jantan (pedet hingga dewasa) dan betina sebanyak 179 ekor. Kemudian 202 sapi bali dan 296 ekor sapi madura. Belum lagi sapi-sapi hasil IB (inseminasi buatan)  dan TE (transfer embrio).

Untuk mengembang biakkan sapi mulai dari anakan sampai dewasa , manajemen pakan dan kandang adalah dua hal yang harus dilakukan dengan baik dan benar.

"Pakan dan kandang jadi dua hal yang sangat penting. Kalau pakannya bagus dan benar, maka pertumbuhan sapi nya pasti cepat. Begitu juga dengan kandang kalau nyaman dan ideal, sapi-sapi nya juga krasan dan tidak mudah stress," kata Dikman saat ditemui di kantornya, Kamis (10/3/2022) siang.

Dalam hal pakan, Lolit Sapi menggunakan konsentrat dan hijauan dengan tambahan pakan lainnya yang menunjang program penggemukan sapi-sapi itu sendiri. Per sapi kata Dikman, rata-rata diberi pakan 4 kilogram dalam satu hari.

"Rata-rata per sapi menghabiskan sampai 4 kilogram. Tapi kalau untuk anakan ya nggak sampai 4 kilo. Pemberian pakan sesuai status fisiologisnya. Contohnya untuk sapi muda dan dewasa yang sudah bisa mencerna serat tinggi kita berikan jerami padi. Kalau untuk sapi menyusui dan sapi yang umurnya setahun, jerami kita berikan tapi terbatas, bahkan tak ada jerami untuk sapi yang menyusui," terangnya.

Sedangkan dalam hal manajemen kandang, Lolit sapi menyediakan banyak kandang untuk sapi anakan maupun dewasa yang terbagi dalam kandang individu dan kelompok. Ditegaskan Dikman, untuk kandang individu disediakan untuk sapi-sapi pejantan dewasa maupun sapi betina yang bunting maupun persiapan kelahiran dan laktasi.

Dan untuk kandang kelompok diperuntukkan bagi sapi-sapi yang akan dikawinkan secara alami. Dimana dalam satu kandang, ada sapi pejantan dewasa dengan dicampur 20-30 sapi betina dewasa. Ada pula kandang karantina khusus sapi-sapi yang sakit atau dalam perawatan.

"Semua sapi-sapi kita kawinkan mayoritas kawin alam, sesuai bangsa, tidak ada program khusus silangan dan kita pemurnian dengan menjaga tidak sampai inbreeding, seperti kerdil, cacat dll," urainya. 

link berita asli klik disini


Site Maps

APLIKASI LOLIT SAPI POTONG

VISITORS COUNTER

TodayToday55
YesterdayYesterday79
This_WeekThis_Week439
This_MonthThis_Month2058
All_DaysAll_Days409013

 


(by AWStats )

266468
View Pages
2815511
Hits

Kunjungi media sosial kami :